Aipda E. Simanjuntak amankan ODGJ ke RSJ Singkawang


Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Bengkayang – Polsek Samalantan.
Kepala Unit Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Sektor Samalantan Aipda Erixon Simanjuntak bertugas jaga Mapolsek Samalantan hari ini, Minggu 11/9 pagi. Tidak hanya menjaga mako peran memberikan pelayanan juga diberikan oleh PS. Ka SPKT Polsek Samalantan. Selang tidak beberapa lama setelah melakukan serah terima piket jaga, Aipda E. Simanjuntak menerima kedatangan seorang laki-laki yang bernama Aloy warga Dusun Polongan Desa Sabau Kecamatan Samalantan. Aloy memberitahukan kepada Ka SPKT Aipda E. Simanjuntak kalau Adri saudaranya dikampung yang punya riwayat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) sedang kambuh.

Aloy menerangkan ke Ka SPKT bahwa Adri (ODGJ) dikabarkan sering mambawa parang atau pisau. Sudah beberapa hari terakhir hal itu dilakukanya dan ada potensi membahayakan orang lain. Setelah memberitahukan dan meminta bantuan ke Polsek Samalantan untuk membantu menenangkan Adri, selanjutnya Aloy meminta petugas medis dengan ambulan Puskesmas Samalantan untuk mengantar ODGJ Adri ke Rumah Sakit Jiwa di Singkawang.

Aipda E. Simanjuntak amankan ODGJ ke RSJ Singkawang

Bersama Leonardus petugas medis dari Puskesmas Samalantan, Ka SPKT Aipda E. Simanjuntak meluncur dengan mobil ambulan menuju ke Polongan. “Kami dapati Adri (ODGJ) keadaan tenang, selanjutnya perlahan kami bangunkan, tidak ada perlawanan, kemudian kami bawa ke RSJ untuk mendapatkan perawatan”, ujar Aipda E. Simanjuntak. Ka SPKT dan leonardus serta Aloy selanjutnya mengantar ODGJ Adri ke Rumah Sakit Jiwa di Singkawang.

Saat dihubungi, Ipda Nusantara Sembiring Kapolsek Samalantan membenarkan adanya kegiatan tersebut. “Hal ini perlu kami lakukan untuk menghindarkan terjadinya tindak pidana dari maupun terhadap ODGJ (Adri) tersebut”, ujar Kapolsek. Resahnya warga polongan akibat ODGJ kambuh hilang setelah Adri dibawa ke RSJ Singkawang.

Penulis : Humas Polsek Samalantan