Polres Bengkayang – Anggota piket Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu Polsek Ledo melaksanakan imbauan dan sosialisasi Stop Pungli (Pungutan Liar) kepada warga di Mako Polsek Ledo , Jum’at (20/11/2020).

Sosialiasi dan imbauan dilakukan agar masyarakat dapat memahami bahwa pelayanan yang diberikan oleh Polri adalah gratis, saat masyarakat berada di bagian pelayanan publik seperti halnya pelayanan Laporan Polisi, Laporan kehilangan Barang/surat-surat berharga/penting, Perizinan/rekomendasi, bantuan pengawalan dan atau bantuan pengamanan, semua bentuk pelayanan di maksud adalah gratis.

Dilain tempat Kapolsek Ledo IPTU Asep Maulana Menuturkan Perlu diketahui bahwa perbuatan pungli itu adalah memberi dan menerima, tujuannya untuk mempermudahkan dan memperlancar segala urusan dilakukan diluar ketentuan dari aturan yang berlaku, Tutur Iptu Asep Maulana”

Sosialisasi Stop Pungli dilaksanakan secara rutin oleh anggota Polsek Ledo sebagai bentuk pencegahan terhadap kegiatan praktek pungli yang mungkin dapat terjadi di wilayah hukum Polsek Ledo.

Untuk mencegah praktek Pungli diwilkum Polsek Ledo, melalui anggota Piket Spkt gencar dan rutin mensosialisasikan stop Pungli kepada warga masyarakat dengan berbagai cara seperti menggunakan media baik berupa bener/spanduk yang bertuliskan “Stop Pungli”, serta imbauan melalui media sosial lainnya.

Kegiatan seperti memberikan imbauan atau sosialisasi tentang stop pungli ini, dapat mencegah terjadinya penyimpangan dalam pelayanan publik dikantor pemerintahan dan Kepolisian.