polresbengkayang.com – Satuan Polair Polres Bengkayang, Minggu 12/ 01/2020 melakukan giat sambang di tempat Sdr.Edy pemilik agen ikan yang berada di Ds. Sungai Raya Kec.Sungai Raya Kepulauan Kab.Bengkayang. pada saat anggota tiba di tempat / agen ikan tersebut nelayan dan pekerja sedang melakukan pembongkaran dan pemotongan ikan Hiu Kemejan.

Selanjutnya anggota menyambangi atau berkomunikasi langsung dengan para pekerja dan sdr.Edy (pemilik agen ikan), dalam kesempatan tersebut Kanit Gakkum sat Polair Polres Bengkayang Bripka Novin Yuhananto menyampaikan beberapa jenis ikan atau biota laut yang di lindungi penuh oleh Pemerintah antara lain, Duyung / Dogong, Ikan hiu paus, ikan pari manta, lumba-lumba, paus, penyu dan kima yang berukuran besar.

Tujuan dari penyampaian jenis-jenis hewan atau biota laut yang di lindungi tersebut agar para nelayan atau agen ikan tidak melakukan penangkapan atau mengambil jenis ikan-ikan tersebut karena dapat dikenakan sanksi pidana denda dan kurungan, untuk jelasnya dapat dilihat di Peraturan Pemerintah No.7 tahun 1999 tentang pengawetan jenis tumbuhan dan satwa.

Kasat Polair Polres Bengkayang AKP APEP SYAMSUL HAKIM,SIP mengharapkan agar masyarakat selalu memperhatikan dan ikut menjaga kelestarian biota laut, serta jangan melakukan tindakan atau perbuatan yang melanggar hukum.