Saat musim panas yang cenderung kemarau saat ini, rentan terjadi bencana kebakaran, baik kebakaran lahan maupun hutan. Terlebih kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sudah menjadi isu nasional dan perlu adanya penanganan serius dan semua pihak.

Salah satu cara yang dilakukan Polri khususnya Polsek Ledo Polres Bengkayang Polda Kalbar adalah dengan terus memberikan himbauan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya karhutlah. Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas jajaran Polsek Ledo yang melaksanakan sambang, himbauan dan sosialisasi Karhutla di wilayah hukum Polsek Ledo, Jumat (01/4/2022).

Sosialisasi dan himbauan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas ini bertujuan untuk mengingatkan warga agar selalu menjaga lingkungan sekitar, tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan serta selalu mewaspadai adanya oknum yang tidak bertanggung jawab yang sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Kapolsek Ledo IPDA M. Rokhim, SH menyampaikan sesuai perintah pimpinan bahwa kita harus berperan serta dalam pencegahan karhutla, oleh karena itu Polsek Ledo dalam hal ini jajaran Bhabinkamtibmas selaku garda terdepan Polri yang selalu berada bersama masyarakat akan selalu memberikan himbauan dan larangan kepada warga.

“Apabila membuka lahan pertanian baru tidak boleh dilakukan dengan cara membakar, dan barangsiapa melakukan pelanggaran pembakaran hutan akan ditindak tegas sesuai hukum ketentuan yang berlaku,” tegas Kapolsek Ledo IPDA M. Rokhim, SH.