polresbengkayang.com – Musibah kabut asap melanda wilayah Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Semakin tebalnya kabut asap pada pagi hari di wilayah Kecamatan Monterado sehingga memasuki level kualitas udara tidak sehat.

Kondisi ini tentu saja membahayakan kesehatan manusia termasuk masyarakat di Kecamatan Monterado, terbukti sejumlah sekolah yang ada di Kecamatan Monterado meliburkan siswa-siswinya.

Mengantisipasi penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) mengingat kabut asap yang mengganggu pernapasan bagi pengendara, sejumlah personil Polsek Monterado membagikan masker (17/09).

Saat ditemui, Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH mengungkapkan kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Polsek Monterado atas kesehatan masyarakat.

Ia menjelaskan, berbagai upaya telah dilakukan oleh pihaknya dalam mencegah terjadinya Karhutla di wilayah Kecamatan Monterado seperti melakukan Patroli Terpadu bersama instansi terkait dan masyarakat.

Sejumlah upaya Preemtif seperti menyampaikan penyuluhan, himbauan terkait Karhutla juga telah disampaikan bahkan sampai saat ini masih terus dilakukan pada masyarakat di setiap kesempatan.

“Masker yang diberikan semoga bermanfaat bagi masyarakat dalam mengantisipasi kabut asap yang sudah di level tidak sehat bagi kesehatan”. Ungkap IPTU Rismanto Ginting, SH.

Di sela-sela membagikan masker, tampak personil Polsek Monterado juga menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk berhati-hati saat berkendara karena jarak pandang sudah terbatas.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto