Polres Bengkayang – Memasuki musim panas/kemarau Personil Polsek Seluas bersama Instansi terkait sudah mulai menyiapkan diri dalam pencegahan meluasnya Karhutla yang diprediksi akan dimulai pada akhir bulan Agustus 2021, selain rutin melaksanakan himbauan dengan humanis kepada Masyarakat Peladang (kearifan lokal) dengan selalu mengingatkan agar jika membuka lahan agar mempersiapkan parit sekat untuk mencegah api menjalar ke lahan orang lain, Tim Patroli terpadu Karhutla juga memetakan lahan-lahan yang berpotensi menyebabkan Karhutla yang tak terkendali.

Hal ini menjadi perhatian khusus oleh Polsek Seluas yang bekerja sama dengan Instansi terkait untuk mencegah potensi meluasnya Karhutla secara tidak terkendali.

Untuk itu Tim selalu meninjau dan mendata lahan-lahan Masyarakat petani lokal yang sedang melaksanakan pembakaran agar tidak merembet ke hutan, Seluas (05/08/21).

Adapun maksud dan tujuan Polsek Seluas bersama Instansi terkait melaksanakan kegiatan tersebut adalah untuk mengetahui berapa banyak lokasi yang memiliki kerawanan Karhutla di, agar upaya-upaya pencegahan dapat dilakukan, yaitu dengan memberikan pencerahan kepada pemilik lahan agar lebih bijak jika ingin mengolah lahan tersebut, karena jika prosedur pembakaran tidak dijalankan dengan benar maka dapat menyebabkan bencana Karhutla.

Kapolsek Seluas Ipda Suwandi, SH,MH berharap kepada masyarakat untuk selalu patuh dengan aturan dan tata kelola jika ingin membuka lahan, karena semua telah diatur oleh pemerintah.

“Mari bersama-sama kita cegah Karhutla diwilayah kita dengan cara mengikuti setiap aturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah, silahkan bertanya kepada pak kades, bhabinkamtibmas/Babinsa terlebih dahulu jika ingin melakukan aktifitas membuka lahan”, ucap Kapolsek Seluas.