Polres Bengkayang – Polsek Ledo, Bhabinkamtibmas Polsek Ledo Polres Bengkayang Polda Kalbar Bripka Ignatius Guntur meninjau wilayah Pasar Lama Ledo yang terdampak banjir, Kamis (14/01/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui situasi terkini keadaan lingkungan masyarakat pasar bawah dan sekitarnya yang terendam banjir.

Menurut keterangan Bripka Guntur bahwa air mulai naik kedaratan wilayah Desa Lesabela pada hari Kamis tengah hari karna di sebabkan air kiriman dari daerah hulu, yaitu Kec. Suti Semarang. Kemarin dan sampai saat ini ketinggian air sudah setinggi mata kaki orang dewasa.

“Kejadian banjir ini disebabkan curah hujan dengan intesitas tinggi dan air kiriman dari daerah hulu sungai yang mengguyur wilayah Kecamatan Ledo hingga luapan sungai menggenangi di daerah pasar bawah Kecamatan Ledo”, kata Bripka Guntur.

Dilokasi tersebut, Bhabinkamtibmas Polsek Ledo Bripka Guntur ini melakukan komunikasi dengan masyarakat dengan memberikan imbauan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terkait banjir yang semakin meninggi, ditambah dengan hujan dengan intensitas tinggi dan air kiriman dari daerah hulu sungai.

“Kesiapsiagaan dapat dilakukan bersama-sama disamping setiap waktu memantau kenaikan air maupun rencana menempati pengungsian”, tuturnya.

“Jika terjadi permasalahan diharapkan masyarakat untuk segera menghubungi aparat pemerintah desa maupun Polsek Ledo, seperti mengetahui hal-hal yang berbahaya khususnya yang berhubungan dengan bencana banjir,” terangnya.