polresbengkayang.com – Polsek Jagoi Babang Bhabinkamtibmas desa gersik mediasi sengketa lahan antara perusahaan sawit PT. WKN dengan masyarakat, Rabu (27/2/2019).

Bhabinkamtibmas desa gersik Brigadir Asor dan Panit Intelkam polsek jagoi babang Aipda Joko, Melakukan mediasi sengketa lahan yang mana HGU perusahaan PT WKN (wawasan kebun nusantara) yang masuk ke lahan perkarangan milik masyarakat dusun senaning, Desa gersik yang sudah bersertifikat dan sebagian sudah ada SPT (Surat pernyataan tanah).

Permasalahan sengketa lahan ini berawal  sejak tahun 2005 PT WKN membuka lahan di daerah Desa gersik dan menjanjikan akan dibagikan plasma tetapi sampai saat ini pembagian plasma tidak ada, Sehingga masyarakat sering bertanya-tanya kepada pihak perusahaan tentang plasma yang di janjikan tetapi belum ada jawaban dari perusahaan sampai terjadinya sengketa sampai sekarang.

Untuk menjaga situasi agar tetap kondusif , Masyarakat dan pihak perusahaan dengan di dampingi bhabinkamtibmas membuat kesepakatan agar lahan yang sengketa tersebut tidak di panen baik perusahaan maupun masyarakat untuk menunggu hasil mediasi di tingkat kecamatan, Maupun tingkat Pemda.

Selama kegiatan mediasi sengketa lahan berlangsung situasi kamtibmas di desa gersik dalam keadaan aman terkendali.

Penulis : Feri santoso
Editor : Alfian N/Nanang P