polresbengkayang.com – Pungli adalah pengenaan biaya di tempat yang tidak seharusnya biaya dikenakan atau dipungut. Kebanyakan pungli dipungut oleh pejabat atau aparat, walaupun pungli termasuk ilegal dan digolongkan sebagai KKN, tetapi kenyataannya hal ini jamak terjadi di Indonesia.

Komitmen Polres Bengkayang  yang ingin mensukseskan program pemerintah sapu bersih pungutan liar atau saber pungli rutin dilaksanakan.

Mulai dari himbauan berupa lisan, maupun tulisan yang berbentuk baliho atau banner yang berisi larangan, ajakan untuk tidak melakukan pungli mapun menerima pungli yang apabila dilakukan, penerima maupun yg pelaku pungli akan berhadapan dengan hukum.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Capkala melakukan sosialisasi ke permukiman warga, dengan himbauan dan banner. Kamis (06/09/2018).

Dalam giat sambangnya tersebut, Bhabinkamtibmas memberikan pesan kamtibmas kepada masyarakat binaannya untuk tidak menerima maupun memberi pungutan liar kepada siapapun.

“Perbuatan itu tidak dibenarkan karena semua itu merupakan perbuatan yang melanggar hukum.”ujar Bhabinkamtibmas.

Atas kunjungannya ini, masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Bhabinkamtibmas Polsek Capkala yang terlah memberikan himbauan kamtibmas berupa larangan karhutla.