Polres Bengkayang – Demi menjaga situasi yang aman dan kondusif pada wilayah desa binaan, Bhabinkamtibmas Desa Jesape Polsek Ledo Polres Bengkayang Bripka M.Ali Imron melaksanakan problem solving permasalahan terkait dana bantuan dari PT TPA Kepada Koperasi Jesape Prima yang terjadi antara Pengurus Koperasi Jesape Prima Yang Lama dengan Pengurus Koperasi Jesape Prima yang baru yang merupakan warga binaannya.

Mengatasi hal itu, Bhabinkamtibmas melakukan mediasi atau musyawarah dengan menghadirkan Aparat desa, kedua belah pihak yang bermasalah yang akan menyelesaikan permasalahan dengan cara musyawarah.

Dalam kegiatan problem solving pada hari Senin 04 Januari 2020 sekitar pukul 10.00 wib, di mana Bhabinkamtibmas Bripka M.Ali Imron bersama dengan Aparat Desa Jesape menjadi penengah masalah antara kedua belah pihak yang bermasalah.

dari hasil Pertemuan tersebut disepakati bahwa Pengurus Koperasi Jesape Prima baik yang lama maupun yang baru bersepakat bahwa dana bantuan dari PT.TPA yang dibayarkan perbulan sebesar RP 1.500.000
Selama 41 bulan dengan total sebesar RP 61.500.000 dan telah terpakai oleh pengurus Koperasi Jesape Prima yang lama,disepakati dan dibuatkan pernyataan bersama bahwa dana bantuan dari PT.TPA tersebut boleh digunakan sebagai pembayaran Insentif pengurus,dan dengan dibuatkannya pernyataan tersebut pengurus Koperasi Jesape Prima yang baru tidak akan mempermasalahkan lagi permasalahan tersebut dikemudian hari.

Kemudian kedua belah pihak saling meminta maaf dan berjabatan tangan yang di hadapan Bhabinkamtibmas, dan Aparat Desa yang membuktikan tidak ada lagi dendam diantara kedua pihak bermasalah.

Di sela sela mediasi, Bhabinkamtibmas juga memberikan nasehat kepada kedua belah pihak agar setelah kejadian ini tetap menjalin hubungan baik talisilaturahmi serta tidak menyimpan dendam antara kedua belah pihak yang bermasalah.

“Pentingnya hidup rukun dan damai serta toleransi, kemitraan dan dengan adanya kegiatan problem solving ini, permasalahan tersebut bisa di mediasi dan di selesaikan secara musyawarah bersama antara kedua belah pihak” ujar Bhabinkamtibmas.

Bhabinkamtibmas juga menghimbau pada keduanya,agar segala bentuk persoalan terkait dengan masalah ini di mohon untuk tidak menyimpan dendam atau berselisih dalam bentuk apapun,tetaplah menjadi masyarakat yang humanis dan saling membantu dalam kondisi apapun.

“Langkah ini segera diambil karena jika tidak segera diselesaikan, dikhawatirkan nanti akan timbul permasalahan baru dan mengarah pada tindak pidana,”Pungkas Bripka Ali.