Polres Bengkayang – Bhabinkamtibmas mengambil langkah problem solving untuk menyelesaikan pertikaian warga binaannya, Bhabinkamtibmas Polsek Ledo Polres Bengkayang Polda Kalbar Briptu Joko Alfianto selalu hadir di tengah tengah masyarakat dan membantu menyelesaikan memecahkan masalah (problem solving). Rabu/11/Agustus/2021.

Terlihat Briptu Joko Alfianto selaku Bhabinkamtibmas Desa Tebuah Marong Kecamatan Ledo dimana Briptu Joko Alfianto sedang melakukan problem solving / penyelesaian pertikaian atau permasalahan di alami warga binaannya.

Dengan dilakukan problem solving Briptu Joko Alfianto mengambil langkah langkah dalam menyelesaikan permasalahan warga binaan yaitu melibatkan pihak Desa dan Pihak Adat dari Desa Tebuah Marong dan tentunya kedua belah pihak yang bertikai dihadirkan serta pihak pihak yang mengetahui atas pertikaian warga turut di hadirkan.

Briptu Joko Alfianto mengatakan pada saat problem solving berlangsung yaitu memberikan nasehat dan himbauan kamtibmas tentang pentingnya hidup rukun dan damai serta toleransi, tidak perlu terjadi permusuhan antar masyarakat serta mengajak kedua belah pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban teruslah hidup berdampingan satu sama lain tetap jaga ketertiban antar warga.

Atas problem solving yang dilakukan oleh Briptu joko Alfianto Selaku bhabinkamtibmas dapat di ambil kesimpulan bahwa kedua belah pihak yang bertikai sepakat menyelesaikan masalahnya secara musyawarah mufakat secara kekeluargaan, kedua belah pihak telah menyetujui atas pertikaiannya di selesaikan secara kekeluargaan.

Kedua Belah pihak bersama pihak Desa dan Pihak Adat sangat berterima kasih kepada Briptu Joko Alfianto selaku bhabinkamtibmas atas problem solving sehingga pertikaian warganya dapat di selesaikan secara kekeluargaan. Kemudian Bhabinkamtibmas membuatkan surat pernyataan damai yang di tanda tangani oleh kedua belah pihak sebagai bukti bahwa pertikaian warganya dinyatakan telah di selesaikan secara damai dan kekeluargaan.

Kapolsek Ledo Iptu Asep Maulana menuturkan problem solving yang dilakukan bhabinkamtibmas difokuskan terhadap kasus atau kejadian yaitu kasus kasus yang kategori ringan, Problem solving ini juga bertujuan agar permasalahan warga cepat di atasi dan di selesaikan sehingga tidak meluas yang dapat menimbulkan konflik antar pihak. “Tutur Iptu Asep Maulana”