Bhabinkamtibmas Bripka Minhat rutin lakukan patroli dan sosialisasi stop Karhutla kepada masyarakat di Kabupaten Bengkayang Khususnya Kecamatan Siding, Sabtu (18/09/2021).

Bripka Minhat mengatakan seperti diketahui bersama bahwa sebagian besar wilayah Kecamatan Siding rawan terjadi Karhutla, maka dalam rangka mencegah kebakaran lahan dan hutan, maka pihaknya rutin patroli dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Kami juga mengimbau masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar lahan, juga mengingatkan kepada masyarakat yang sedang membersihkan lahan pekarangan rumah agar pengawasan api yang ramah lingkungan, Agar hal ini tidak terjadi kebakaran. Selain itu juga jangan buang puntung rokok sembarangan,” ujarnya.

Dia menambahkan patroli Karhutla rutin dilaksanakan untuk memantau ada titik api agar lebih dini terdeteksi, guna mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

“Bila masyarakat melihat atau menemukan orang yang sengaja atau tidak dengan sengaja merencanakan lahan atau hutan, segera laporkan kepada aparat di desa baik itu kepada kami Bhabinkamtibmas agar dengan cepat dapat ditindak lanjuti,” tegasnya.

Dia mengajak masyarakat untuk menjaga wilayah dari Karhutla agar Lembah Sabil dan Abdya pada umumnya tetap aman dari Karhutla.