Sudah menjadi kebiasaan sebagian petani di daerah Kalimantan barat apabila akan menanam terlebih dahulu membakar hutan atau lahan, begitu juga dengan sebagian warga Kec Lumar Kab Bengkayang, maka dari itu Polsek Lumar dan Polres Bengkayang berupaya untuk selalu memberikan himbauan kepada warganya, seperti yang terlihat hari ini BRIPTU INDRA yang juga Bhabinkamtibmas Desa Belimbing Kec Lumar personil Polsek, Minggu, (12/09/2021).

Personel Polsek Lumar & Bhabinkamtibmas Polsek Lumar selalu mengajak warga masyarakatnya agar bersama sama menjaga lingkungan sekitar dari bahaya karhutla dan tidak lupa juga memberikan sosialisasi tentang dampak dan bahaya membakar hutan dan lahan, serta sangsi pidana membakar hutan dan lahan.

Kapolsek Lumar IPDA SUNARDI, S.H, mengatakan kegiatan himbauan dan larangan membakar hutan dan lahan yang dilakukan para Bhabinkamtibmas Polsek Lumar kepada warga masyarakat Desa binaaan nya untuk meningkatkan komunikasi serta menyampaikan imbauan terkait larangan karhutla, pada prinsipnya mereka mendukung kegiatan ini dan akan bersama sama menjaga hutan agar tidak sampai terjadi kebakaran di wilayahnya. Ujarnya.