polresbengkayang.com – Mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang, Polsek Monterado bersama pihak terkait melakukan Patroli (28/01).

Patroli Terpadu yang dilakukan Polsek Monterado bersama-sama dengan pihak Kecamatan, Koramil Samalantan, Pemerintahan desa, serta Masyarakat bertujuan untuk mencegah Karhutla di wilayah Kecamatan Monterado.

Dengan sasaran lokasi yang dianggap berpotensi terjadinya kebakaran hutan atau lahan, selain itu juga menyampaikan himbauan larangan membuka lahan bertanam dengan cara di bakar kepada setiap warga yang ditemui.

Camat Monterado S. Bowo Leksono, SH yang ikut melaksanakan patroli mengatakan kegiatan ini dilakukan selain untuk memberikan edukasi kepada masyarakat juga sebagai langkah awal pencegahan Karhutla.

“Selain memberikan pemahaman serta penjelasan hukum terkait prilaku membakar hutan juga menghimbau masyarakat agar lebih memiliki kesadaran untuk tidak membuka lahan bertanam dengan cara di bakar”. Tutur Camat Monterado saat ditemui.

Di tempat berbeda, Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH mengatakan walaupun akhir-akhir ini masih turun hujan di wilayah Kecamatan Monterado, namun pihaknya akan tetap bersinergi dengan pihak terkait dalam melakukan Patroli Terpadu cegah Karhutla.

“Sesuai dengan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan, kami Polsek Monterado berharap dengan dilakukannya sosialisasi, himbauan, serta Patroli Terpadu ini tidak ada lagi kebakaran hutan”. Ungkap IPTU Rismanto Ginting, SH.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto
Editor : Alfian N / Nanang P