polresbengkayang.com – Menyampaikan sosialisasi maupun mengkampanyekan Stop Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kepada masyarakat terus dilakukan personil Polsek Monterado (24/01).

Di setiap kesempatan, personil Polsek Monterado dalam hal ini Bhabinkamtibmas tak henti-hentinya mensosialisasikan serta mengkampanyekan larangan membakar hutan dan lahan kepada warga desa yang dijumpainya.

Seperti Bhabinkamtibmas desa Siaga Brigpol Rio Nicolas yang hari ini memanfaatkan kegiatan sambangnya dengan mengkampanyekan Stop Karhutla kepada sejumlah warga.

Menurutnya meskipun saat ini curah hujan di wilayah desa Siaga masih ada namun mengkampanyekan Stop Karhutla tetap dilakukan sebagai upaya pencegahan adanya warga yang membuka lahan bertanam dengan cara di bakar.

Kepada warga desa binaannya, Brigpol Rio Nicolas mengingatkan untuk tidak membuka lahan bertanam dengan cara di bakar. Selain merusak ekosistem lingkungan, hal tersebut juga dapat mengganggu kesehatan dengan pencemaran udara.

“Kepada masyarakat, kami terus berikan pemahaman hukum terkait Karhutla agar tumbuh kesadaran di masyarakat akan pentingnya untuk tidak kembali membuka lahan bertanam dengan cara di bakar.

Saya ingatkan, ada undang-undang yang mengatur tentang Karhutla ini seperti Undang-undang Nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan, Undang-undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, serta Undang-undang Nomor 39 tahun 2014 tentang Perkebunan”. Jelas Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH saat ditemuidi ruang kerjanya.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto