polresbengkayang.com – Pungutan liar adalah perbuatan yang di lakukan oleh seseorang yang meminta pembayaran sejumlah uang kepada orang lainnya yang tidak sesuai dengan peraturan pembayaran, dalam hal ini Pemberi dan penerima dapat di kenakan pasal perbuatan pidana.

Menindak lanjuti hal tersebut di atas pelaku tidak hanya dapat di jerat dengan pasal KUHP, tetapi dapat di jerat dengan Undang undang Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Senin (09/12/2019), Personel Satpolair Polres Bengkayang memberikan pesan pesan Kamtibmas Tentang Pungli/pungutan liar kepada masyarakat di TPI (Tempat Pendaratan Ikan) steigher Sungai Soga Ds. Karimunting Kab. Bengkayang karena Pemberantasan tindak pidana Korupsi Seperti Pungli harus di pahami setiap orang bahkan sampai kepada masyarakat/nelayan.

Dalam kesempatan tersebut salah Satu personel Satpolair Bripka Rudiansyah juga menjelaskan kepada Masyarakat/Nelayan bahwa selain tugas Polri sebagai Penegak Hukum pemerintah juga telah membentuk Tim ” Saber Pungli” yang akan mengoptimalkan penyelidikan dan penyidikan tentang praktik pungli”.Ungkapnya.

Selama kegiatan ini berlangsung nelayan yang hadir di antaranya sdr. Iwan sangat mengapresiasi kegiatan yang di laksanakan Polisi Perairan Polres Bengkayang bermitra dengan masyarakat/nelayan bekerjasama dalam memberantas pungutan liar”. Ucapnya.

Hal senada juga di ungkapkan oleh Kasat Polair Polres Bengkayang AKP Apep Syamsul Hakim, S.IP. bahwa kegiatan Tapka, Binluh/Binmas Perairan, dan Himbauan selalu di lakukan secara rutin sebagai bentuk penggalangan dalam menjalin kemitraan antara Polri dan masyarakat khususnya nelayan.