polresbengkayang.com – Bhabinkamtibmas Kepolisian Sektor Sanggau Ledo Desa Bange Briptu Dionisius Imam Sudewo melaksanakan Sambang ke kerumah warga di Desa Binaannya, giat sambang atau DDS (Door To Door System) ini untuk mendekatkan diri pada masyarakat agar lebih dikenal dan menciptakan situasi kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif. Kapolsek Sanggau Ledo selalu mengingatkan kepada anggota bhabinkamtinmas agar lebih ditingkatkan  lagi.

DDS ini sangat perlu dilakukan karena di samping memberikan imbauan ataupun pesan-pesan kamtibmas, juga bertujuan untuk mendengarkan keluh kesah atau permasalahan yang dialami oleh masyarakat sehingga dapat menemukan penyelesaian dari masalah-masalah tersebut secara bersama-sama.

Selain berupa kegiatan sambang, kegiatan DDS juga merupakan salah satu wujud keaktifan Bhabinkamtibmas dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Tidak lupa juga Bhabinkamtibmas menyampaikan masalah Pungli yang kian marak terjadi, Pungli adalah pengenaan biaya di tempat yang tidak seharusnya biaya dikenakan atau dipungut. Kebanyakan pungli dipungut oleh pejabat atau aparat, walaupun pungli termasuk ilegal dan digolongkan sebagai KKN, tetapi kenyataannya hal ini jamak terjadi di Indonesia. 

Banyak usaha yang dilakukan Bhabinkamtibmas untuk mencegah terjadinya pungli mulai dari himbauan berupa lisan, maupun tulisan yang berbentuk baliho atau banner yang berisi larangan, ajakan untuk tidak melakukan pungli mapun menerima pungli yang apabila dilakukan, penerima maupun yg pelaku pungli akan berhadapan dengan hukum.

Penulis  : Andre Candra