Upaya Sat Polairud Polres Bengkayang Mengantisipasi terjadinya kecelakaan di air (Laka air) salah satunya dengan memberikan sosialisasi dan arahan kepada Nahkoda Kapal motor penumpang, Rabu (11/08/2021) di dermaga Teluk Suak Desa Karimunting Kec. Sungai Raya Kepulauan.

Pada kesempatan ini Personil Sat Polairud Polres Bengkayang Bripka Juwarsa menghimbau Nahkoda Kapal motor penumpang Km. Silla yang sedang bongkar muat barang utk dibawa ke Pulau Lemukutan.

Bripka Elli Juwarsa mengatakan kecelakaan diair terjadi selain faktor cuaca buruk juga terjadi diakibatkan oleh kelalaian penumpang maupun nahkoda kapal. Dimana hal – hal tersebut dipicu oleh muatan kapal yang berlebihan (overload) dan minimnya alat keselamatan yang ada dikapal.

Bripka Elli Juwarsa juga menyampaikan kepada nahkoda kapal motor penumpang agar selalu memperhatikan kondisi cuaca pada saat akan berlayar.

Pada kegiatan ini selain memberikan imbauan kepada nahkoda dan abk kapal penumpang yang akan berlayar untuk tidak mengangkut penumpang yang melebihi muatan serta menyediakan alat keselamatan seperti life jacket di sarana angkut masing-masing serta selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan saat beraktivitas di perairan, kami juga sampaikan tentang imbauan protokol kesehatan ungkapnya.

“Harapan kami dengan selalu berikan imbauan keselamatan ini masyarakat pengguna jasa kapal motor penumpang sadar akan pentingnya menjaga keselamatan saat akan berlayar, dan semoga kita terhindar dari kecelakaan pada saat beraktifitas di perairan” tutupnya