Polres Bengkayang – Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Prakiraan gelombang satu minggu ke depan memuat prakiraan tinggi gelombang dan potensi hujan lebat disertai petir di beberapa wilayah perairan di Indonesia, salah satunya Perairan Laut Bengkayang yang berbatasan langsung dengan Perairan Natuna.

Terkait dengan Fenomena alam tersebut, Rabu (13/01/2021) bertempat di Dermaga Penyeberangan Teluk Desa Karimunting Kec. Sungai Raya Kepulauan personil Satuan Polisi Perairan Polres Bengkayang sampaikan imbauan kepada Nahkoda kapal maupun masyarakat pengguna jasa transportasi laut untuk mewaspadai cuaca ekstrem dan gelombang tinggi di perairan laut Bengkayang dan sekitarnya.

Bripka Elli Juwarsa pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa berdasarkan Undang-Undang Pelayaran Nomor 17 tahun 2008 tentang Keselamatan para nahkoda kapalĀ memperhatikan keselamatan pelayaran dengan beberapa ketentuan sebagai berikut :

1. Nakhoda mengangkut penumpang dan barang sesuai dengan kapasitas Kapal Motor ( Tidak Overload)

2. Nakhoda wajib menyiapkan alat keselamatan berupa Baju Pelampung (Life Jacket), Ban Penolong (Life Buoy)

3. Tidak melakukan pelayaran pada musim angin (gelombang besar) serta melihat/memperhatikan keadaan cuaca sebelum berlayar.

“Imbauan keselamatan berlayar tersebut selain disampaikan secara langsung kepada pelaku pelayaran yang beraktifitas juga kami sampaikan melalui spanduk yang kami pasang di Dermaga Penyeberangan Teluk Suak”, katanya Bripka Elli Juwarsa.

“Harapan kami dengan menerapkan dan mengutamakan aspek keselamatan dalam berlayar serta mematuhi protokol kesehatan, maka akan terlaksananya transportasi yang aman, nyaman dan meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan di laut”, tutup Bripka Elli Juwarsa.