polresbengkayang.com – Polsek Samalantan. Bhabinkamtibmas Polsek Samalantan, Brigadir Suhermanus selesaikan permasalahan sengketa tanah warga binaannya, Senin (23/9/2019) pagi.

Pertemuan di aula kantor Desa Tumiang Kecamatan samalantan ini dilakukan dengan cara mediasi, mempertemukan kedua belah pihak yang bertikai.

Selain Bhabinkamtibmas, mediasi ini juga didampingi Kepala Desa Tumiang, Ardi Lala berikut stafnya dan Ketua Adat suku Dayak desa Tumiang bapak Adrianus Kantum.

Permasalahannya, kedua belah pihak yakni bapak Yunus dan ibu Bela, yang keduanya adalah warga Desa Tumiang ini saling mengklaim tanah kebun karet.

Tidak hanya di kantor desa, proses mediasi juga dengan mendatangi lokasi tanah yang bermasalah, dengan pertimbangan bukti surat dan saksi-saksi kemudian dilakukan pemasangan pancang, tanda batas tanah.

Agar kejadian ini tidak terulang, maka dibuat surat perjanjian yang ditandangani diatas materai, selain kedua belah pihak, para saksi-saksi juga ikut menandatangani surat ini.

Ditempat terpisah, Kapolsek Samalantan IPDA Harto Simanjuntak membenarkan adanya mediasi. Ia mengatakan anggotanya telah berhasil menyelesaikan masalah warga melalui problem solving.

“Kehadiran Bhabinkamtibmas sangat diperlukan guna menjamin rasa aman kedua pihak saat mediasi berjalan”, ungkapnya.

Penulis : Suciono