polresbengkayang.com – Kabut Asap adalah kasus pencemaran udara berat yang bisa terjadi berhari-hari hingga hitungan bulan. Di bawah keadaan cuaca yang menghalang sirkulasi udara, asbut bisa menutupi suatu kawasan dalam waktu yang lama.

Kabut Asap terjadi karena aktivitas masyarakat yang melakukan pembakaran hutan dengan besar-besaran, pembakaran hutan dilakukan karena masyarakat ingin membuka lahan perkebunan atau pertanian.

Akhir akhir ini, masyarakat Kalimantan Barat terpaksa menghirup udara yang tidak segar, karena pencemaran udara atau kabut asap yang kebanyakan terjadi di daerah Kalimantan Barat. Seperti halnya yang terjadi di Kecamatan Samalantan. Di pagi hari, warga Kecamatan Samalantan terpaksa menghirup udara yang tidak segar. Banyak dampak negatif yang didapat akibat kejadian ini, berkurangnya jarak pandang, sulitnya masyarakat untuk beraktivitas dan sulitnya anak sekolah untuk berangkat ke sekolah.

Tetapi tidak menghalangi Polsek Samalantan untuk tetap melayani masyarakatnya, seperti yang dilakukan Bripka E. Simanjuntak, tetap melakukan strong point di tengah kabut asap yang menyelimuti SMPN 1 Samalantan.

 

Penulis : Andre Candra