Polres Bengkayang – Polsek Monterado Polres Bengkayang Polda Kalbar berhasil mengamankan 2 (dua) Pelaku Curanmor, pelaku berinisial A Alias I (18) warga Desa Siaga Kec. Monterado dan I Alias I (21) warga Desa Goa Boma Kec. Monterado, Rabu (23/09/2020).

Kapolsek Monterado Polres Bengkayang Polda Kalbar Ipda Kusnandar mengatakan bahwa penangkapan pelaku berdasarakan laporan masyarakat yang mengalami kehilangan Sepeda Motor yang terjadi pada hari Minggu, (17/09/2019) malam.

“Setelah dilakukan penyelidikan didapatkan informasi keberadaan pelaku dan selanjutnya mengamakan pelaku. Pelaku pertama ditangkap di TKP dan pelaku kedua dirumahnya”, ucap Ipda Kusnandar Kamis (24/09/20).

Ipda Kusnandar menjelaskan bahwa pelaku mengambil sepada motor korban yang disimpan di halaman kantin/warung yang terletak di Dsn. Taepi Rt.001/Rw.001, Desa Monterado, Kec. Monterado dengan cara menyeretnya kedalam hutan kurang lebih 300 meter dari TKP kemudian membongkar kunci kontak membawanya ke daerah hulu (Kab.Landak).

“Kedua pelaku merusak kunci kontak dan menyambung kabel agar motor bisa digunakan untuk dibawa ke daerah Kab. Landak“, tutur Ipda Kusnandar.

Kedua pelaku saat ini sudah ditahan di Polsek Monterado Berdasarkan Laporan Polisi Nomor 91 tanggal 23 September 2020,

“Sementara ini dia (Pelaku) akan dipersangkakan Pasal 363 ayat (1) ke-3 dan 4 Jo pasal 362 KUH Pidana, Karena diduga melakukan tindak pidana “Pencurian dengan Pemberatan”sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 ayat (1) ke-3 dan 4 Jo pasal 362 KUH Pidana” Jelasnya.

Kapolsek IPDA Kusnandar meminta agar masyarakat semakin waspada dengan tindak kejahatan yang ada. Pasalnya, berdasarkan kronologis kejadian curanmor yang disampaikan oleh Korban, pelaku mempunyai keahlian dengan terlebih dahulu merusak kunci kontak ranmor yang di simpan di halaman kantin Korban.

“Ini harus kita antisipasi bersama. Harus waspada, jangan berikan celah untuk kejahatan terjadi. Amankan diri dan barang yang dapat menjadi sasaran tindak kejahatan”, tutupnya.