Polsek Siding Polres Bengkayang Polda Kalbar menggelar Jumat Curhat di Dusun Sebujit Baru Desa Hli Buie Kecamatan Siding Kabupaten Bengkayang. Jumat(19/1/24)

Bertempat di warung kopi Sebujit, Kapolsek Siding menggelar Jumat Curhat yang diikuti PS.Kanit Binmas Polsek Siding Aipda Bonny.S, PS.Kanit Intelkam Aipda A.Erwin hadir pula Kepala Desa Hli Buie Yitro dan warga lainnya.

Kegiatan yang digelar diwarung kopi baik kegiatan Jumat Curhat, Minggu Kasih dan kegiatan kepolisian lainnya yang dilakukan personel tentunya sebagai wujud kehadiran polisi ditengah masyarakat terjalinnya kemitraan sehingga bersama kita mewujudkan bersama situasi Kamtibmas di wilayah kecamatan Siding tetap kondusif”kata Kapolsek Siding”.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Siding Iptu Oman Kurnianto menyampaikan,”Kepala Desa Hli Buei dan bapak-bapak sekalian yang kami hormati, pada kesempatan ini dalam menyikapi masa Kampanye pada Pemilu 2024 kami mengharapkan warga agar bersikap santun dan bijak serta tetap menjaga tali silaturahmi antar warga sekalipun itu berbeda pilihan dan pandangan berpolitik tidak saling berselisih bahkan bermusuhan, saya yakin warga Sebujit bijak dan menjunjung komitmen bersama dalam mewujudkan pemilu yang damai.”ucapnya”.

Kapolres Bengkayang Polda Kalbar AKBP Teguh Nugroho, S.H., S.I.K., M.I.K. melalui Kapolsek Siding Iptu Oman Kurnianto; guna memelihara situasi Kamtibmas tetap kondusif serta antisipasi potensi gangguan penyelenggaraan Pemilu 2024 menghimbau agar tidak menggunakan senjata api jenis Lantak dan Bomen.

Menghimbau kepada masyarakat yang masih memiliki, Menyimpan, Senpi rakitan jenis Lantak dan Bomen dll, untuk menyerahkannya suka rela kepada petugas Polri terdekat dan didata selanjutnya dilakukan pemusnahan, sesuai Undang-Undang Darurat No 12 Tahun 1951 yang bersifat pidana. Pasal 1 ayat (1) UU Darurat No. 12 Tahun 1951 disebutkan : “Barangsiapa, yang tanpa hak memasukkan ke Indonesia, membuat, menerima, mencoba memperoleh, menyerahkan atau mencoba menyerahkan, menguasai, membawa, mempunyai persediaan padanya atau mempunyai dalam miliknya, menyimpan, mengangkut, menyembunyikan, mempergunakan atau mengeluarkan dari Indonesia sesuatu senjata api, munisi atau sesuatu bahan peledak, dihukum dengan hukuman mati atau hukuman penjara seumur hidup atau hukuman penjara sementara setinggi-tingginya dua puluh tahun.”
Demikian bersifat petunjuk dan arahan”pungkas Kapolsek”

Kemudian Sebujit Baru merupakan area rawan banjir tiap tahunnya oleh karena itu cuaca sekarang masih tinggi intensitas curah hujan, maka kami dari kepolisian agar warga yang tinggal di tepian sungai agar waspada; jaga anak-anaknya saat bermain karena sudah terjadi di wilayah kecamatan Ledo terjadi korban meninggal dunia seorang anak akibat diterjang banjir bandang pada bulan Desember lalu di dusun Tembung Desa Tebuah Marong Kecamatan Ledo, hal ini semoga tidak terjadi di wilayah kita”harap Kapolsek”.

Warga Sebujit pada kesempatan tersebut juga mengharapkan kepada kepolisian terus hadir ditengah masyarakat baik itu patroli dan kegiatan kepolisian lainnya.