Bengkayang,05/01/2024, Kamis Malam. Personil Sat Samapta Melaksanakan evakuasi korban terdampak banjir di wilayah hukum Polres Bengkayang.

Personil Juga menyisir Perumahan warga yang terdampak banjir dan melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang terdampak banjir dan juga petugas melakukan penelusuran guna mencari masyarakat yang membutuhkan pertolongan alam penanganan kejadian ini, Polri melakukan beberapa upaya. Pertama, mereka berkoordinasi dengan masyarakat sekitar yang memiliki mobil langsir (jangkrik) untuk membantu menyeberangkan masyarakat yang terdampak banjir.

Kedua, petugas melakukan pemantauan terhadap debit air guna memantau perkembangan situasi di lapangan. Ketiga, masyarakat, terutama anak-anak yang mandi, dihimbau agar berhati-hati dan tidak mandi di kedalaman yang belum aman.

Adapun catatan terkait kejadian ini adalah sebagai berikut. Banjir terjadi akibat curah hujan yang sangat tinggi di Kabupaten Bengkayang, menyebabkan Sungai Sebalo meluap. Masyarakat yang terdampak sudah bisa lewat dengan bantuan angkutan mobil jangkrik (mobil langsir), dan tidak ada korban jiwa atau kerugian materiil yang dilaporkan.

Lokasi banjir berada di jalan swadaya kelurahan bumi emas kecematan bengkayang kabupaten bengkayang . Debit air perlahan surut, mengindikasikan kondisi perlahan kembali normal. Situasi aman dan terkendali