polresbengkayang.com – Dua Desa di Kecamatan Samalantan, Marunsu dan Bukit Serayan menggelar musyawarah kesepakatan pemeliharaan dan Penertiban hewan ternak diaula balai Desa Bukit Serayan, Bengkayang, Rabu (20/2) siang.

Hadir dalam rapat, Camat Yustianus SE MM, Kasi Keswan Dinas Peternakan Kabupaten Bengkayang, Khusin S.Pt. Kasi Bina Masyarakat Sat Pol PP Kabupaten Bengkayang, Salinus. Kanit Binmas Bripka Parmin. Babinsa Kopda Rustam. Kades Bukit Serayan, Resmy. Kades Marunsu, H. Mukmin. tokoh adat dan masyarakat.

Digelarnya pertemuan ini untuk mencari solusi atas pemeliharaan hewan ternak oleh masyarakat agar tidak merusak lingkungan dan mengganggu ketertiban.

Camat Yustianus SE MM dalam sambutannya mengatakan bahwa perlunya komitmen bersama oleh warga terkait pemerliharaan ternak kemudian dituangkan dalam surat pernyataan.

Khusin S.Pt juga mengatakan perlunya peningkatan produksi ternak sebagai penambah gizi dan penambahan penghasilan warga dengan memperhatikan kesehatan hewan dan lingkungan sekitar.

Mewakili Danramil, Kopda Rustam menerangkan bahwa pernah dilakukan penyelesaian masalah oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kades akibat ternak terlepas yang merusak, dengan adanya pertemuan ini diharapkan tidak ada lagi hewan ternak dilepas sehingga permasalahan serupa tidak terjadi.

Dalam kesempatan yang sama, Bripka Parmin memberikan apresiasinya atas langkah bersama yang diambil oleh kedua Desa terkait musyawarah ini yang tujuannya untuk menciptakan rasa aman dan nyaman dilingkungan Desa.

Bripka Parmin juga menyampaikan pesan Kapolsek Ipda Harto Simanjuntak, agar dalam penertiban hewan ternak yang dimaksud mengkedepankan tindakan yang persuasif guna menghindari timbulnya gejolak Kamtibmas.

Terakhir, Kanit Binmas mengimbau jelang pelaksanaan pemilu tahun 2019 ini diharapkan kepada peserta yang hadir untuk menjaga Sitkamtibmas di lingkungan masing masing.

Sebelum rapat ditutup, Camat Yustianus SE MM membacaan hasil musyawarah, dilanjutkan penandatanganan bersama surat pernyataan oleh masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh adat dan semua peserta yang terkait.

Penulis : Suciono
Editor : Alfian. N/Nanang. P