polresbengkayang.com – Sat Polairud. Kapal patroli merupakan prasarana yang dimiliki oleh Satuan Polisi Perairan dalam melaksanakan tugas patroli sehari-hari di wilayah perairan/laut, guna menunjang pelaksanaan tugas tersebut tentunya kapal harus dalam kondisi baik dengan cara melakukan Pemeliharaan dan Perawatan (Harwat) secara rutin supaya kapal terawat dan siap pakai setiap saat bila diperlukan.

Supaya kapal terawat dengan baik serta layak operasi personel Sat Polair Polres Bengkayang melakukan pemeliharaan dan perawatan terhadap kapal polisi type C3 di Dermaga Teluk Suak.

Kasat Polair Polres Bengkayang AKP APEP SYAMSUL HAKIM S. IP menjelaskan, kegiatan pemeliharaan dan perawatan terhadap kapal Polisi yang dimiliki Sat Polair ini rutin dilaksanakan setiap harinya minimal 2 kali dalam seminggu dengan cara membersihkan kapal, pemanasan mesin serta pengecekan kelistrikan kapal. Dan disetiap tahun sesuai dengan Dana yang dianggarkan kami juga melakukan pengecatan body kapal,servis berkala seperti pergantian oli, busi, accu, filter oli, accu dll.

Hal ini kami lakukan secara rutin agar inventaris kapal Polisi yang dimiliki Sat Polair Polres Bengkayang dalam kondisi terawat serta siap pakai setiap saat untuk kegiatan patroli sehari-hari diwilayah perairan laut Bengkayang, selain digunakan untuk kegiatan patroli, kapal tersebut juga kami gunakan untuk kegiatan SAR perairan bilamana ada kejadian laka laut ataupun orang tenggelam.