polresbengkayang.com – Sat Polair Polres Bengkayang terus berupaya meningkatkan keselamatan dan keamanan di atas kapal khususnya bagi Nahkoda dan Abk Kapal agar selalu meningkatkan Standar Keselamatan dan Keamanan saat berlayar.

Pembinaan tentang alat alat keselamatan seperti life jacket/pelampung yang harus di lengkapi di atas kapal adalah langkah preventif dalam mengantisipasi terjadinya kecelakaan kapal/ kapal tenggelam.

Seperti yang di laksanakan Brigadir Sakalillah anggota Sat Polair Polres Bengkayang pada saat melaksanakan pembinaan kepada nahkoda Kapal di dermaga Ds. Sungai Raya Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kab. Bengkayang ini juga langsung memastikan telah tersedianya life jacket di atas kapal dan memandu cara penggunaan nya kepada salah satu Abk Kapal yang tidak lama kemudian akan segera berlayar menuju laut. Selain itu kepada Nahkoda Kapal agar selalu memperhatikan cuaca yang pada saat ini terlihat kurang baik akibat adanya Kabut Asap di wilayah perairan Bengkayang sehingga dapat mengganggu visilibitas (jarak pandang).

Dalam kegiatan pembinaan ini kita juga menekankan kembali kepada Nahkoda Kapal apabila terjadi laka air atau kecelakaan kapal segera menginformasikan kepada Kami Satpolair Polres Bengkayang melalui kontak person yang telah kita berikan pada saat kegiatan pembinaan ini agar kami dapat segera mengambil langkah untuk melakukan Kegiatan SAR dalam upaya mencegah adanya korban jiwa.

Secara terpisah Kasat Polair Polres Bengkayang AKP APEP SYAMSUL HAKIM, S. IP. memberikan arahan kepada personel Satpolair pada saat Apel Pagi Senin, 16 September 2019 untuk terus tingkatkan pengawasan dan pembinaan kepada masyarakat pesisir, pulau dan pantai dengan tujuan terpeliharanya Kamtibmas di perairan di wilayah hukum Polres Bengkayang.