PONTIANAK – Kita patut bangga dan bersyukur, atas keberhasilan atlet dayung Kalimantan Barat telah berprestasi yang dihelat di Brunei Darussalam telah meraih juara satu. Sehingga dengan keberasilan meraih juara satu di Brunei Darusalam belum lama ini, kegiatan dayung ini akan terus dijadikan icon olahraga dan budaya di Kalbar.

Dalam kesempatan perayaan HUT TNI ke-73, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH sangat mengapresiasi gagasan Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi yang akan terus menjadikan kejuaraan dayung ini menjadi agenda tetap dalam rangka HUT TNI tahun-tahun mendatang.

Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi membuka langsung kegiatan lomba dayung perahu naga bertajuk “TNI Dragon Boat Race 2018” ini. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB yang dilaksanakan di gertak 1 Sungai Jawi Pontianak dan dihadiri oleh Gubernur Kalbar, Kapolda Kalbar, Wali Kota Pontianak, dan pejabat TNI/Polri, Koni Kalbar dan tamu undangan lainnya, Minggu (23/9/2018).

Warga pontianak memadati disepanjang parit Sungai Jawi untuk menyaksikan lomba dayung perahu naga yang memperebutkan piala tetap dan piala bergilir dari Panglima Kodam XII/Tanjungpura. Sementara untuk peserta sebanyak 32 tim dayung dari seluruh wilayah Kalimantan Barat.

Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan lomba yang dilaksanakan ini, merupakan rangkaian kegiatan memperingati HUT TNI ke-73 tahun 2018.

“Lomba ini digelar karena olah raga merupakan media tanpa batas, baik suku, agama, ras, maupun golongan, dan sebagainya,” ujar Mayjen TNI Achmad Supriyadi.

Selain itu Mayjen TNI Achmad Supriyadi juga berharap dengan diadakan lomba dayung perahu ini, dapat memupuk kebersamaan dan menginspirasi kita semua dalam menghadapi Pilpres dan Pileg 2019 mendatang.

Kawasan aliran Sungai Jawi Pontianak, yang ada di Kota Pontianak ini sudah bersih dan mudah-mudahan kedepannya bisa dijadikan iconnya Kota Pontianak Kalimantan Barat, ujarnya.

Diakhir sambutannya. Panglima Kodam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi mengucapkan “Selamat berlomba, raihlah kemenangan, dan junjung tinggi sportivitas dalam perlombaan, dan juga jaga persatuan dan kesatuan melalui olah raga ini,” tutupnya

Penulis : AKP Cucu Safiyudin S.Sos SH MH (Humas Polda Kalimantan Barat)