Polres Bengkayang – Sebanyak 355 personel Polres Bengkayang dan Polda Kalbar digeser untuk membantu melaksanakan pengamanan TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada pilkada serentak 9 Desember mendatang di Kabupaten Bengkayang.

Pergeseran Pasukan (Serpas) dilakukan dalam sebuah Apel Serpas yang dipimpin oleh Kapolres Bengkayang AKBP NB. Darma, S.I.K., M.H., Senin (7/12/2020) pagi di Lapangan Polres Bengkayang.

Apel Serpas turut dihadiri oleh Pamatwil dari Polda Kalbar untuk Kab. Bengkayang yakni AKBP Bambang Tertianto, S.I.K., C.F.E, PJU Polres Bengkayang, Kapolsek jajaran dan personel Brimob Polda Kalbar.

Dalam arahannya Kapolres Bengkayang mengatakan bahwa Apel ini digelar dalam rangka Serpas pengamanan Pilkada serentak di Kabupaten Bengkayang.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada BKO Polda Kalbar dan Brimob. Kehadiran rekan-rekan memberikan dorongan energi membantu menciptakan situasi aman di wilayah hukum Polres Bengkayang”, kata Kapores Bengkayang.

Apel ini untuk memastikan kesiapan, baik kesiapan pribadi khusus kondisi dalam mengamankan Pilkada.

“Saya berharap kita semua dalam kondisi baik dan sehat, saya ingatkan apabila rekan-rekan kondisinya dalam keadaan tidak sehat agar segera dilaporkan dan saya berharap sekali rekan-rekan pada hari dan seterusnya dalam kondisi baik dan sehat”, harapnya.

“Pahami situasi dan kondisi di TPS tempat rekan-rekan bertugas. Ini merupakan arahan penekanan langsung dari Kapolda Kalbar agar personel yang melaksanakan pengamanan paham dan tau apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab”, ajaknya.

Kepada personel Dalmas dan Brimob yang di BKO ke Polres Bengkayang, Kapolres Bengkayang meminta untuk mempersiapkan saranan dan prasarana baik alaut maupun alsusnya.

“Sehingga pada saat nanti bergerak apabila kondisi-kondisi dibutuhkan kita tidak terkendala dan dijelaskan kondisi”, tuturnya.

Dimasa pandemi Covid-19, Kapolres Bengkayang mengingatkan untuk kelengkapan pribadi terlebih saat pencoblosan wajib menggunakan alat pelindung diri.

“Minimal masker serta sarana kesehatan lainnya. Kita akan menjadi contoh, jangan sampai kita sebagai contoh memberikan perilaku atau contoh yang tidak baik”, ucap Kapolres.

“Jaga attitude kita selama melaksanakan tugas, jaga perilaku, jaga disiplin. Pastikan dalam kondisi yang aman. Setelah pelaksanaan pencoblosan, rekan-rekan harus pintar melihat situasi apabila terjadi kondisi-kondisi tertentu agar dilaporkan. Saya ingatkan lagi kegiatan ini dalam rangka mengajak masyarakat untuk mendukung tugas-tugas kita, sama-sama kita berdoa kepada tugas agar tugas ini dapat berjalan aman, damai, selamat dan sehat”, tutup Kapolres.