Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat melakukan mutasi dan rotasi personil Polri Kepolisian Resort Bengkayang Polda Kalbar.

Mutasi dan rotasi itu tertuang dalam surat Keputusan Kapolda Kalbar nomor :KEP/169/Empat Romawi/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam jabatan dilingkungan baru.

Kapolres Bengkayang AKBP.Arif Agung Winarto, SIK memimpin langsung upacara serah terima jabatan, dan dalam sambutannya ia menyampaikan beberapa hal.

Sebelum acara Sertijab hari ini, kemarin saya menghadiri Sertijab di Polda Kalbar, khususnya acara serah terima jabatan Karo SDM dan Dansat Brimob Polda Kalbar.

Untuk kegiatan hari ini, mutasi penyegaran hal biasa di institusi Polri, ini adalah Dinamika sebuah organisasi,” ujar Arif Agung Winarto

“Perlu diketahui bersama bahwa Polri merupakan institusi yang semakin dinamis yang selalu melakukan beberapa perubahan guna mewujudkan Polri yang prediktif responsibilitas dan transparansi berkeadilan. Yang perlu digarisbawahi dan dipahami bersama adalah, bahwa Polri tidak bisa menjadi institusi yang kuat dan berkembang apabila tidak adanya kesadaran pada diri kita untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita sebagai anggota Polri.

Untuk itu kewenangan besar yang diberikan oleh negara kepada Polri untuk menegakkan hukum hendaknya menjadi motivasi tersendiri baik kita dalam melaksanakan tugas, Karena tidak semua diberikan kewenangan itu titik namun perlu saya ingatkan baik kepada diri saya sendiri maupun seluruh anggota Polres Bengkayang memiliki kewenangan dalam menegakkan hukum tidak berarti kita selaku anggota Polri kebal akan hukum itu sendiri oleh karena dalam hukum kita semua sama. Salah satu langkah strategis pimpinan Polri untuk menjawab tantangan tugas ke depan adalah dengan merotasi beberapa pejabat baik pada tingkat Polda maupun Polres. Rotasi jabatan hendaknya tidak ditanggapi secara negatif bagi seorang anggota Polri, karena mutasi jabatan itu sendiri demi keberlangsungan institusi menuju arah yang lebih baik. Termasuk sejarah terima jabatan yang kita laksanakan saat ini yang merupakan tindak lanjut dari surat telegram Kapolda Kalbar nomor: ST/294/IV/KEP/2022 tentang mutasi jabatan internal dan surat telegram Kapolda Kalimantan Barat: ST/296/IV/2022 tentang mutasi jabatan reguler di lingkungan Polda Kalimantan Barat.

Kepada pejabat yang lama yaitu Kompol Amin Siddiq, S
H, AKP Fatah Yasin, S.H, AKP Dwi Raharjo.S.H, IPTU Amril,S.H, M.A.P, IPTU Didik Darmawan Putra S.T, M.Si, dan IPDA Devi Irawan saya ucapkan terima kasih atas segala dedikasinya dalam bertugas di Polres Bengkayang yang sudah melaksanakan tugas dengan baik.

Kepada IPTU Wargo Suwarso, IPDA Ratnam, IPDA Sunardi S.H dan IPDA Mulyadi Jaya yang masih bertugas di Polres Bengkayang walaupun pada posisi yang berbeda atas dedikasinya dalam bertugas saya ucapkan terima kasih Semoga dapat segera menyesuaikan dengan tugas yang baru.

Sementara itu kepada pejabat yang baru Kompol Michael Terry Hendrata,S.H,S.I.K, M.H sebagai Wakapolres Bengkayang, AKP Jami’ad sebagai PS Kabag ops Polres Bengkayang, AKP Tri Teguh Mulyono, S.H sebagai PS Kabag SDM, AKP.Sagi,S.H sebagai Kasat Reskrim, IPTU Supriyanto, S.H sebagai PS Kasat Intelkam,IPTU. Lanjar sebagai PS. Kasat Polairud, IPTU.Edy Wuryawan,S.H sebagai PS Kapolsek Monterado,IPDA Arijito Tri Susanto Hutagaol,S.H sebagai PS. Polsek Sungai Raya dan IPDA.Hasan Abdullah,S.H sebagai Kapolsek Capkala

Saya beserta seluruh keluarga besar Polres Bengkayang mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas di Bumi Sebalo.

Dan untuk pejabat baru namun masih orang lama di Polres Bengkayang AKP Albertus Dono Prakoso sebagai PS. Kabag REN, IPTU Harto Simanjuntak sebagai PS Kapolsek Bengkayang, IPDA Wahyudi,A.Md.Kep Sebagai Kapolsek Lumar saya juga mengucapkan selamat atas jabatan barunya saya berkeyakinan berbekal pengalaman tugas selama ini Saudara akan sangat mudah menyesuaikan tugas yang sudah berjalan di Polres Bengkayang.

AKBP Arif Agung Winarto menambahkan dengan jabatan yang diamanahkan kepada saudara saat ini diharapkan dapat memberikan pengaruh untuk lebih memajukan Polres Bengkayang secara umum. Mampu memberikan citra baik dan profesionalisme dalam bertugas serta dapat melanjutkan hal-hal positif yang ditinggalkan pejabat sebelumnya baik dalam hal menjalin hubungan kerjasama antara Polri dan masyarakat maupun dengan instansi-instansi terkait

Sebab kata Arif Agung Winarto penilaian keberhasilan seseorang dalam memimpin dapat diukur dari kemampuan dalam mengatur jalannya roda organisasi serta mampu mengarahkan bawahannya untuk bekerja sesuai hukum dan amanat undang-undang. Keberhasilan kesatuan kita ini tidak hanya ditentukan dengan banyaknya pelaku kejahatan yang ditangkap atau seberapa banyak kasus kejahatan yang diungkap namun juga dilihat dari terwujudnya kemitraan Polri dengan masyarakat yang melahirkan partisipasi aktif masyarakat dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi di setiap wilayah dan semakin patuh nya seluruh lapisan masyarakat kepada hukum yang berlaku.

Oleh karena itu laksanakanlah tugas dan tanggung jawab dengan ikhlas dan penuh kebanggaan Demi kemajuan dan kejayaan Polri ke depan jadilah polisi yang berbuat baik agar disenangi oleh masyarakat,”pungkasnya