polresbengkayang.com – Polsek Monterado. Saat menghadiri acara Tatap Muka Forkopimcam Kecamatan Monterado, Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH mengajak seluruh elemen masyarakat baik di tingkat Kecamatan dan tingkat desa untuk bersinergi mencegah serta menanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang (06/09/2018).

Tatap muka yang dilakukan di aula Kantor Camat Monterado dihadiri oleh Camat Monterado bapak Edward Haris S.Sos, Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH beserta seluruh personil Bhabinkamtibmas, Kepala Desa Se-Kecamatan Monterado, Kasi Trantib Kecamatan Monterado bapak Pauhir, Kepala UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Monterado bapak Paran, S.Pd, M.MPd, Kepala Puskesmas Monterado Ibu Berta, S.Kep, Ners, para Tokoh-tokoh penting desa Se-Kecamatan Monterado.

Saat ditemui Camat Monterado bapak Edward Haris S.Sos mengatakan kegiatan Tatap Muka ini dilakukan untuk menentukan langkah-langkah cegah Karhutla dan memberikan penjelasan kepada seluruh Kepala Desa untuk berperan aktif cegah Karhutla di wilayah desanya masing-masing.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH mengajak seluruh elemen masyarakat yang hadir untuk bersinergi menjaga serta mencegah terjadinya Karhutla.

IPTU Rismanto Ginting, SH juga mengingatkan sanksi hukum bagi pelaku pembakaran hutan atau lahan seperti Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengolahan Lingkungan.

Ia juga menjelaskan beberapa ketentuan yang harus dipenuhi apabila hendak membuka lahan bertanam dengan cara di bakar agar api tidak meluas bagi warga, salah satunya yaitu harus mengajukan ijin kepada Kepala Desa dan menyiapkan embung (sumber air) di sekitar lokasi pembakaran.

“Bersyukur sampai saat ini tidak terjadi kebakaran hutan atau lahan di wilayah kita, namun kita semua harus selalu waspada dan mencegah hal tersebut jangan sampai terjadi di wilayah kita. Kerja sama semua pihak sangat diperlukan, harapan saya setelah ini nanti seluruh Kepala Desa dapat menyampaikan kepada warga desanya terkait cegah Karhutla”. Ajak IPTU Rismanto Ginting, SH saat Tatap Muka.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto
Editor :
Publish :