Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Bengkayang – Polsek Samalantan.
Kapolsek Samalantan Iptu Luspen Simbolon melaksanakan kegiatan tatap muka (tapka) demgan Forkopincam dan lintas sektor di Kecamatan Lembah Bawang pada jari Rabu (3/5/2023). Berangkat dari pukul 06.45 Wib dari Mapolsek Samalantan, Kapolsek, Para kanit dan Bhabinkamtibmas tiba di aula kantor camat pukul 09.15 Wb.

Kegiatan ini, “Temanya Pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) dan tentang persiapan pemilihan kepala desa di Desa Lembah Bawang dan Desa Godang Damar”, ungkap kapolsek. Oleh karena itu Polsek Samalantan laksanakan tapka dengan mengundang camat, danramil, kepala puskesmas, para kepala desa, badan permusyawaratan desa (BPD) dan ketua adat dayak se-Kecamatan Lembah Bawang. Kapolsek juga mengundang panitia pemilihan kepala desa di Desa Lembah Bawang dan panitia pemilihan kepala desa Desa Godang Damar.

“Tokoh masyarakat dan tokoh agama tentunya juga diundang dalam acara tersebut”, kata Aipda Yegar SO Kasium Polsek Samalantan. Pukul 10.00 Wib Iptu Luspen Simbolon memulai giat tapkanya. Acara selanjutnya Sekcam Amran dan Danramil Samalantan Pelda Rusdi memberikan sambutan hangat atas berlangsungnya acara tapka. Ada beberapa hal disampaikan kapolsek dalam pertemuannya dengan warga Lembah Bawang.

Kapolsek memaparkan tentang permasalahan dan potensi tindak kriminal yang ada di 2 kecamatan wilayah hukumnya. Ssbagai antisipasi, kapolsek menyampaikan materi tentang upaya pencegahan gangguan kamtibmas dengan adanya kegiatan pam swakarsa dan pemolisian masyarakat (Polmas). Selanjutnya ia sampaikan tahapan pemilu 2024 dan pemilihan 2 jabatan kepala desa diwilayahnya itu.

Para tamu undangan t├ámpak menyimak paparan kapolsek. Selesai pemaparan di adakan sesi tanya jawab oleh pemandu acara Aipda Parmin. Acara pun diteruskan dengan isoma dan selesai pukul 13.00 Wib. “Tadi ada beberapa keluh kesah saran dan masukkan dari peserta giat”, ucap Kapolsek.

Permasalahan menuba ikan atau menangkap ikan dengan menggunakan bahan racun, Narkotika, Perjudian online, Peti dan Ilegal loging serta kondisi jalan raya disampaikan para undangan. Kapolsek, Sekcam Amran dan Danramil bergantian menjawab usul-saran dan keluh kesah dari para tamu undangan. Sekcam Kecamatan Lembah Bawang dan peserta giat mengapresiasi terselenggaranya tapka. “Kegiatan ini bisa menumbuhkan kekompakan, sinergitas lintas sektor di Kecamatan Lembah Bawang”, tanggapan Amran.

Penulis : Humas Polsek Samalantan