Polres Bengkayang – Panen padi lahan kering yang dilaksanakan oleh Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bengkayang yang diwakili oleh Kabid ketahanan pangan dan penyuluhan Samsul Hadi dan juga yang dihadiri dalam giat tersebut Camat Sanggau Ledo, Arif Rahman Hakim, Kapolsek Sanggau Ledo IPDA Dwiyanto Bhanu Susilo, S.I.P,  Danramil Sanggau Ledo Peltu Ahmad Basori, Kabidpotdirga Lanud Harry Hadisoemantri Lettu Kal Wahyu Tri, Kepala BPP Sanggau Ledo, Nyata dan Ketua Gapoktan Sanggau Ledo, Senin (21/9/2020).

Dalam kegiatannya Kapolsek Sanggau Ledo Polres Bengkayang Polda Kalbar Ipda Dwiyanto Bhanu Susilo, S.I.P. menyampaikan kegiatan ini juga merupakan dukungan Polri terhadap masyarakat dalam swasembada pangan dan sekaligus merupakan kegiatan preemtif, dalam mencegah pembukaan lahan pertanian dengan cara dibakar.

“Jika terus menerus melakukan pembakaran kawasan hutan dan lahan, hanya sekedar untuk berladang. Kerugiannya sangat banyak sekali, mulai perubahan iklim dan tentunya kerusakan ekosistem di alam”, terang Dwiyanto.

“Kami juga menghimbau masyarakat, jika bercocok tanam padi dan sayur mayur diharapkan tidak melakukan pembakaran, karena sanksi hukumnya sudah jelas. Mulailah bercocok tanam menetap di suatu kawasan, karena jika menetap otomatis kayu-kayu dan rumput-rumput tidak sampai tinggi dan dengan hanya disemprot racun rumput saja sudah layu dan mati,” pesannya kepada warga.

Kegiatan panen padi lahan kering dilahan demplot kelompok tani desa Bange, merupakan kawasan lahan Lanud Harry Hadisoemantri yang difasilitasi oleh Balai Penyuluhan Pertanian Sanggau Ledo dalam rangka meningkatkan membudidayakan dan mensosialisasikan produk padi lahan kering Inpago 9 ke pada kelompok tani wilayah kecamatan Sanggau Ledo.

Padi Lahan Kering (Gogo) Varietas Inpago 9 adalah benih yang tahan iklim yang mempunyai keunggulan adaptif yang sangat cocok dilahan daerah tropis, khususnya kecamatan Sanggau Ledo dan mempunyai umur pendek (95 hari) sudah panen, sehingga sangat memberikan hasil yang memuaskan bagi penghasilan petani.

Dalam kesempatan ini pula, Kapolsek Sanggau Ledo mengatakan panen raya padi lahan kering di desa Bange sebagai upaya ketahanan pangan dalam menghadapi dan mengantisipasi dampak dari Pandemi Covid19.

“Semua pihak wajib mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan dalam menghadapi situasi pandemi covid19, sebagai upaya ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi nasional”, tutup Dwiyanto.