polresbengkayang.com – Bhabinkamtibmas Polsek Bengkayang yang merupakan jajaran Polres Bengkayang, Bhabinkamtibmas Desa Lembang Bripka Monang Edianto Sirait melakukan silaturrahmi ke tokoh agama dan memberikan himbauan kamtibmas. Senin (05/09/2018).

Tokoh Agama merupakan orang orang yang memimpin sekelompok umat beragama dalam menjalankan kegiatan beribadah atau kegiatan keagamaan lain yang mempunyai pengaruh besar di masyarakat. Dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif Polri harus melaksanakan pendekatan kepada masyarakat dan tokoh agama yang diharapkan dapat membantu Tugas Kepolisian.

Sesuai arahan Kapolres Bengkayang AKBP Permadi Syahid Putra S.I.K, M.H melalui Kapolsek Monterado agar seluruh Anggota Polsek Monterado melaksanakan kegiatan sambang ke Tokoh Agama yang berada di wilayah hukum Polsek Sanggau Ledo.

Hal tersebut ditindak lanjuti oleh Bripka Monang Edianto Sirait dengan menyampaikan pesan kamtibmas kepada tokoh agama agar lebih mewaspadai aliran yang mengatasnamakan agama, tetapi di balik itu sering menimbulkan konflik dalam pemahamannya, selain itu jangan mudah terprovokasi adanya issu dari media sosial maupun media cetak yang belum jelas kepastiannya dengan tujuan untuk memperkeruh situasi yang dapat menimbulkan keresahan warga.

Maksud dan tujuan Bhabinkamtibmas melaksanakan sambang kerumah tokoh agama untuk bertatap muka atau menjalin tali silahturahmi demi mempererat keharmonisan sekaligus memberikan pesan -pesan kamtibmas.

Dengan kedekatan Bhabinkamtibmas dengan Tokoh Agama dapat menciptakan sinergi antara Polri dan Tokoh agama sehingga Polri dapat memperoleh informasi sekecil apapun guna mengambil langkah – langkah antisipasi terjadinya gangguan kamtibmas

 

Penulis : Andre Candra