Aipda Parmin jelaskan Rekpro ke Kepsek SMAN 1 Samalantsn


Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Bengkayang – Polsek Samalantan.
Aipda parmin PS. Kanit Binmas Polsek Samalantan mengunjungi SMA Negeri 1 Samalantan, Kamis (22/9) pagi. Adapun maksud dan tujuan Aipda Parmin tersebut untuk mencari informasi tentang peserta didik/pelajar dan mantan pelajar SMAN 1 Samalantan. Hal itu sehubungan kegiatan Rekrutmen Proaktif (Rekpro,) yang akan digelar pendidikannya di tahun 2023.

Jumpai Kepsek SMAN 1 Samalantan Amad Tandang, Aipda Parmin kenalkan Program Rekrutmen Ptoaktif Polri Tahun Anggaran 2023. “Rekrutmen Proaktif yang dimaksud adalah penerimaan Bintara Polri tahun anggaran 2023 melewati kriteria yang telah ditentukan” ujar PS. Kanit Binmas Aipda Parmin.

Aipda Parmin juga menanyakan data siswa maupun alumni yang berprestasi ke Kepala Sekolah SMAN 1 Amad Tandang. Kepada Amad Tandang dan guru, selanjutnya PS. Kanit Binmas menyampaikan bahwa dalam penerimaan Bintara Rekpto Polri tahun anggaran 2023 diperuntukkan:

  1. Penghargaan anggota Polri dan masyarakat umum,
  2. Talent Scouting Prestasi Akademik dan Prestasi Non Akademik,
  3. Affirmative Action wilayah perbatasan.
    “Untuk diwilayah kita (Samalantan), kita jating calon pendaftar Rekpro Polri dari Talent Scouting”, ujar Aipda Parmin. Talent Scouting yang dimaksud adalah bagi pendaftar Rekpro Polri yang berprestasi dibidang akademik maupun non akademik sesuai kriteria.
Brosur Sodialisasi Rekpro Bintara Polri TA. 2023

Adapun syarat untuk mengikuti Rekrutmen Proaktif juga dijelaskan oleh PS. Kanit Binmas, antara lain;

  1. Lulusan SMA/Sederajat dengan usia minimal 17 tahun 6 bulan dan maksimal 23 tahun,
  2. Lulusan D-III, usia minimal 17 tahun 6 bulan dan maksimal 24 tahun, dan
  3. Tinggi badan minimal 162 cm untuk pria dan Tinggi badan minimal 157 cm untuk wanita.
    “Kalau masih ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di Bagsumda Polres Brngkayang”, ujar parmin. Melihat beberapa potensi pelajar di SMAN 1 Samalantan. “Kedepan kami rencanakan pembinaan terhadap mereka pelajar berprestasi”, tutur Aipda Parmin.

Kapolsek Samalantan Iptu Luspen Simbolon membenarkan perihal kegiatan anggotanya tersebut. “Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang Rekpro dan menambah animo pendaftarnya”, ujar Iptu Luspen Simbolon. Harapannya, “Semakin banyak pendaftarnya semakin menghasilkan kualitas Anggota Polri terbaik dan pilihan”, pungkasnya.

Penulis : Humas Polsek Samalantan