polresbengkayang.com – Bhabinkamtibmas Desa Lembang Bripka M.E. Sirait pada hari Kamis tanggal 06 September 2018 melaksanakan mediasi permasalahan jual beli tanah dan ingkar janji dalam usaha yang dilaksanakan Aula Polsek Sanggau Ledo dengan acara Adat yg berlaku di Desa Lembang. Disini Kepolisian diperlukan sebagai penengah atau pemecah permasalahan.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Kepala Benua Sara, Ketua Adat Dusun Panda, Kedua belah pihak yang bermasalah, Sekretaris Adat Dusun Panda, Para keluarga, Bhabinkamtibmas Desa Lembang.

Adapun hasil dari mediasi penyelesaian masalah dengan cara adat adalah kedua belah pihak sepakat menyelesaikan masalah dengan cara kekeluargaan dan Adat yang berlaku di Desa Lembang, Kedua belah pihak sepakat tdk memperpanjang masalah yang terjadi, Pihak pertama memegang teguh janji kesepakatan pada saat jual beli tanah.

Adapun sanksi adat yg di berikan antara lain, kedua belah pihak dikenakan sanksi adat masing-masing 4 buah alang, pihak penjual rumah di kenakan sanksi adat 4 alang krn sudah ingkar janji saat jual beli tanah, kedua belah pihak dikenakan sanksi adat satu ekor ayam untuk melaksanakan ritual adat.

 

Penulis : Andre Candra