polresbengkayang.com – Bhabinkamtibmas Polsek Ledo untuk Desa Semangat Bripka Harun melaksanakan Door To Door System (DDS) kepada warga binaan, Selasa (18/02/2020).

Kegiatan sambang warga dari pintu ke pintu atau lebih dikenal dengan sambang Door To Door System (DDS) merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Bripka Harun. Selain melakukan pendataan terhadap warga binaan dengan mengisi blangko kunjungan, kegiatan DDS dilakukan dengan tujuan menciptakan keakraban dan saling mengenal antara petugas Bhabinkamtibmas dengan warga binaannya dan begitu pula sebaliknya.

Pada pelaksanaan DDS kali ini, sambil mengbrol dengan warga binaannya Bripka Harun menyempatkan diri untuk menyelipkan pesan-pesan dan himbauan kamtibmas kepada warga binaannya yang tidak lain mengajak seluruh elemen serta semua lapisan masyarakat untuk sadar dan berpartisipasi aktif dalam menciptakan ketertiban dan keamanan di lingkungan masing-masing yaitu dengan melaporkan kepada Kepolisian atau Bhabinkamtibmas apabila melihat dan mengetahui tindak gangguan kamtibmas dilingkungannya.

Kapolsek Ledo Iptu Asep Maulana mengatakan kegiatan sambang dan DDS adalah salah satu bentuk komunikasi dialogis dan tatap muka secara langsung antara Polri dengan masyarakat. Selain itu, hal ini juga menunjukan bahwa Polri selalu bersedia hadir di lingkungan masyarakat bahkan dengan cara sambang dari pintu ke pintu.

Menurut Kapolsek Ledo, kehadiran Polri di tengah masyarakat sebagaimana yang dilakukan oleh Bripka Harun tentunya diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat terutama warga desa binaan. Iptu Asep Maulana menambahkan, kehadiran Bhabinkamtibmas ini juga diharapkan dapat mengurangi dan meminimalisir terjadi nya tindak kriminalitas maupun gangguan kamtibmas lainnya, tutupnya.

Penulis. : Bhabinkamtibmas.