polresbengkayang.com – Bhabinkamtibmas desa jagoi Brigadir Bowo Asius berhasil mendamaikan warganya dengan melakukan problemsolving, Kamis (27/09/2018)

Permasalahan yang di selesaikan bhabinkamtibmas desa jagoi merupakan permasalahan pembakaran lahan pertanian/perkebunan yang mana api dari lahan yang di bakar yaitu lahan bapak Asang dan bapak gisek merembet mengenai lahan perkebunan sahang/lada milik bapak Acung, sehingga mengakibatkan sahang ikut terbakar.

Dengan kejadian tersebut pemilik kebun sahang/lada bapak Acung langsung melaporkan kejadian tersebut kepada kades jagoi babang bapak Dedeng.

Setelah Bhabinkamtibms desa jagoi mendapatkan informasi dari kades jagoi babang dengan cepat bhabinkamtibmas mempertemukan kedua belah pihak dengan di dampingi ketua adat jagoi, kepala benua jagoi, kepala adat dusun risau, kadus dusun risau dan kaur kemasyarakatan desa jagoi.

Setelah melakukan pertemuan sehingga ada kesepakatan bersama kedua belah pihak yaitu pelaku pembakaran membayar ganti rugi pohon sahang yang terbakar dengan sangsi adat sejumlah 17.400.000-, (tujuh belas juta empat ratus ribu rupiah).

Setelah membuat problemsolving oleh bhabinkamtibmas kedua belah pihak menerima dan saling memaafkan atas kejadian tersebut di saat itu juga Bhabikamtibmas desa jagoi Brigadir Bowo Asius menyampaikan terimakasi kepada tokoh adat, tokoh masyarakat terutama kedua belah pihak karena bisa menyelesaikan masalah ini dengan baik dan menerima dengan lapang dada.

Penulis:Feri santoso
Editor:
Publish: