polresbengkayang.com – Personil Bhabinkamtibmas Polsek Monterado Bripka Armiantho dan Bripka Suriana Pepel lakukan patroli untuk pastikan situasi kondusif di desa Monterado saat berlangsungnya kegiatan adat suku Dayak yang di kenal dengan Balala’ atau Basamsam (15/06).

Balala’ atau Basamsam di lakukan masyarakat desa Monterado pada hari Jum’at tanggal 14 Juni 2019 pada pukul 18.00 Wib dan berakhir pada hari Minggu 16 Juni 2019 pada pukul 06.00 Wib.

Desa Monterado tampak lengang dari berbagai aktivitas masyarakat dimana saat berlangsungnya kegiatan Balala’ atau Basamsam, tidak diperbolehkan masyarakat melakukan aktivitas di luar rumah (serupa dengan Nyepi) dan apabila ada yang melanggar maka akan dikenakan sanksi.

Untuk memastikan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) kondusif saat berlangsungnya kegiatan adat Balala’ atau Basamsam, tampak Bhabinkamtibmas Polsek Monterado Bripka Armiantho dan Bripka Suriana Pepel melakukan patroli secara terjadwal di sekitar desa Monterado.

Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting SH saat di konfirmasi mengatakan bahwa kegiatan preventif berupa patroli tetap dilakukan, hal ini tentu saja untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan di saat berlangsungnya kegiatan adat Balala’ atau Basamsam di wilayah desa Monterado Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang.

“Tentunya koordinasi dengan pihak terkait seperti panitia pelaksana dan pengurus adat terus kami lakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kami berharap kegiatan adat Balala’ yang dilakukan masyarakat desa Monterado dapat berjalan dengan aman dan tertib”. Jelas IPTU Rismanto Ginting, SH.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto