polresbengkayang.com – Polsek Monterado, Bhabinkamtibmas Polsek Monterado, Brigadir I.Nyoman Gustian.C selesaikan permasalahan kesalah pahaman warga binaannya di aula Kantor Desa Beringin Baru Kec.Monterado, Sabtu (08/02/2020) siang.

Selain Bhabinkamtibmas, mediasi ini juga didampingi Kepala Desa Beringin Baru Sdr. Adi, Ketua BPD Beringin Baru Sdr. Martinus Marto berikut staf Desa dan Kepala Dusun Melayu Baru Sdr.Sukardi, kedua belah pihak yakni Sdr. Rudi dan Sdr. Otoh.

Adanya permasalahan antar kedua belah pihak yakni tidak terimanya perkataan yang dianggap menjelekkan Sdr. Otoh oleh Sdr. Rudi saat bertemu di salah satu rumah warga Ds. Beringin Baru.

Dalam proses mediasi juga mendatangkan para saksi yang mendengar dan melihat permasalahan tersebut, dengan pertimbangan keterangan para saksi-saksi, kedua pihak mengakui dan mau berdamai dan tidak akan mengulangi serta menuntut untuk diperpanjang ke ranah hukum.

Agar kejadian ini tidak terulang, maka dibuat surat pernyataan yang ditandangani kedua pihak, diketahui para Saksi dan di dokumentasikan.

Ditempat terpisah, Kapolsek Monterado membenarkan adanya mediasi tersebut. Ia mengatakan anggotanya telah berhasil menyelesaikan masalah warga melalui problem solving.

“Bersama Bhabinkamtibmas warga mampu menyelesaikan permasalahan agar hidup rukun,damai dan upaya kebaikkan sebagai manusia yang hidup bersosial”, tutupnya.

Penulis : I.Nyoman Gustian.C