polresbengkayang.com – Melakukan berbagai upaya pencegahan masuknya radikalisme di tengah-tengah masyarakat terus dilakukan Polsek Monterado yaitu salah satunya melaksanakan patroli dialogis.

Patroli dialogis dengan menyambangi sejumlah Tokoh-tokoh penting yang ada di desa di Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang seperti Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, serta Tokoh Adat.

Tujuannya agar para Tokoh-tokoh penting yang dijadikan panutan bagi sebagian besar masyarakat atau pengikutnya dapat memberikan pemahaman akan bahaya faham radikalisme.

Seperti yang dilakukan oleh personil Polsek Monterado yang berpatroli dialogis malam ini, Bripka Hidayat menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada pengurus Surau Al-Hidayah desa Monterado (11/09).

“Selalu berhati-hati dan waspada terhadap aliran agama yang mengatasnamakan Islam namun ajarannya menyimpang dari Islam. Tetap jalin kerukunan, kebersamaan, toleransi dan saling menghargai untuk menciptakan situasi Kamtibmas di wilayah desa tetap kondusif”. Pesan Bripka Hidayat.

Bripka Hidayat juga mengingatkan untuk tidak terpancing oleh hasutan, isu ujaran yang menyesatkan dari orang/kelompok yang tidak bertanggung jawab dan warga agar mempunyai daya cegah, tangkal, tolak paham radikalisme.

Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting SH saat di konfirmasi mengatakan bahwa selain pentingnya peran para Tokoh-tokoh penting yang ada di desa dalam mencegah dan tolak masuknya radikalisme, peran masyarakat sendiri juga sangat penting untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto