polresbengkayang.com – Pesan serta himbauan terkait Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) disampaikan oleh Bhabinkamtibmas desa Jahandung Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang Bripka Suprianus saat menghadiri Panen Raya (02/09).

Panen raya padi di hamparan lahan milik Kelompok Tani Setia Baru Jaya 1 yang beralamat di RT. 12 RW. 02 desa Jahandung dihadiri sejumlah instansi pemerintah yang terkait, salah satunya yaitu Polsek Monterado yang diwakili oleh Bhabinkamtibmas desa Jahandung Bripka Suprianus.

Panen kali ini dapat dikatakan berhasil, pasalnya hasil yang diperoleh dari tanaman padi cukup maksimal. Mulai dari bibit yang baik hingga minimnya serangan hama adalah salah satu faktor pendukungnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Sunadi selaku Ketua Kelompok Tani di sela-sela kegiatan panen raya yang juga dihadiri oleh Kepala UPT Dinas Pertanian Kecamatan Monterado Inggit Teti Sutiana, S.ST.

Bripka Suprianus yang hadir dalam acara tersebut menyempatkan diri untuk menyampaikan beberapa pesan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Terkait Karhutla, Bripka Suprianus tak henti-hentinya menghimbau kepada masyarakat desa untuk tidak membuka lahan bercocok tanam dengan cara di bakar karena akan berdampak buruk bagi lingkungan alam.

“Berbagai dampak buruk yang dapat kita alami apabila terjadi Karhutla di wilayah kita, baik yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja, oleh karena itu kita harus senantiasa waspada dan mau proaktif mencegah terjadinya Karhutla”. Pesan Bripka Suprianus.

Kegiatan berlangsung lancar, secara simbolis Bripka Suprianus juga diberikan kesempatan untuk ikut memanen padi bersama-sama dengan pihak terkait yang di undang.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto