polresbengkayang.com – Para Bhabinkamtibmas Polsek jajaran Polres Bengkayang kini gencar melaksanakan sosialisasi dan penyebaran himbauan tentang Karhutla kepada warga. Hal ini untuk mengantisipasi, terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Sanggau Ledo.

Bhabinkamtibmas  Desa Sinar Tebudak Briptu Eligius melakukan kegiatan pembagian brosur dan pemasangan banner larangan karhutla, menghimbau warga tentang pembakaran lahan atau hutan. Selasa  (25/09/2018).

Menurut Bhabinkamtibmas, dengan kegiatan sosialisasi seperti ini diharapkan mampu memberikan pencerahan serta kesadaran sosial dan hukum kepada seluruh warga masyarakat untuk tidak melakukan pemabakaran hutan dan lahan secara sembarangan. Misalkan membuka lahan pertanian dengan cara melakukan pembakaran hutan, membuang putung rokok sembarangan maupun membuat titik api dekat lahan atau hutan yang mudah terbakar.

Masyarakat menyadari membakar hutan atau lahan dapat menggangu kesehatan, dan masyarakat pun mengetahui sanksi pidana pembakaran hutan atau lahan, warga yang sudah sadar dihimbau untuk menyapaikan kepada warga lain.

“Kita sambangi para warga desa untuk meningkatkan komunikasi serta menyampaikan himbauan terkait larangan Karhutla. Pada prinsipnya mereka mendukung kegiatan ini, dan akan bersama sama menjaga hutan agar tidak sampai terjadi kebakaran diwilayahnya,” tambah Bhabinkamtibmas.

 

Penulis : Andre Candra