Polres Bengkayang – Pada hari Rabu tanggal 12 Agustus 2020 Bripka Yully Stephen yang melaksanakan tugas Piket pada hari ini dan Bripka Yully Stephen juga mengemban Jabatan KA SPK melaksanakan sosialisasi imbauan Larangan Membakar Hutan dan Lahan kepada Warga di Desa Seluas Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang, Imbauan Larangan untuk Membakar Hutan dan Lahan Adalah merupakan kegiatan Rutin Polsek Seluas Polres Bengkayang setiap memasuki Musim kemarau, karena Mayoritas Penduduk Kecamatan Seluas Khususnya di Desa Seluas adalah bertani yang merupakan membuka lahan pertanian Berpindah Pindah tempat.

Dengan Adanya Sosialisasi imbauan Dari Pihak Kepolisian Polsek Seluas Polres Bengkayang yang merupakan agenda rutin musim kemarau yaitu Sosialisasi imbauan Larangan Membakar Hutan dan lahan diharapkan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan yang dapat menyebabkan Kabut Asap dapat diminimalisir terjadinya.

Karena Dampak kebakaran hutan dan lahan ini sangat buruk, baik bagi kesehatan manusia maupun lingkungan hidup. Sekurang-kurangnya 20 juta orang Indonesia telah terkena polusi udara dan air, baik langsung maupun tidak langsung.

Penyebab karhutla sejauh ini diduga karena praktik land clearing yang memanfaatkan musim kemarau Oleh Masyarakat yang Penghasilannya Dari Bertani membuka lahan dengan Membakar.

Walaupun telah dikeluarkannya Pergub 103 tahun 2020 oleh Gubernur Kalimantan Barat yang mengatur tentang Pembakaran untuk lahan pertanian, Diharapkan warga yang Berladang di Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang lebih memahami aturan dan sanksi sanksi dalam Pergub No 103 tahun 2020 Tersebut Agar tidak Terjadi Pelanggaran.