polresbengkayang.com – Sinergitas TNI Polri Manggala Agni dan Masyarakat dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di kecamatan Samalantan.

Hal itu ditunjukkan dalam bentuk kerjasama pada sabtu (11/8/2018) siang dengan bersama-sama melaksanakan Patroli terpadu cegah karhutla.

Regu patroli terdiri dari lima personil Polsek dipimpin Kapolsek Ipda Syamsu Rizal, tujuh anggota Koramil dipimpin Danramil Kapten Inf Anton Sinaga, petugas Manggala Agni Daops Singkawang Jhon Mamora dan masyarakat.

Sebelum bertugas, Tim melakukan Briefing dan apel bersama, menentukan langkah langkah yang akan diambil saat berpatroli.

Dengan menggunakan Sepeda motor, tim berangkat dari Koramil Samalantan menuju target patroli, Desa Marunsu Kec Samalantan Kab Bengkayang.

Hasil penelusuran, ditemukan dua hotspot (titik panas) yang berada didusun Teradu Desa Marunsu, lahan yang terbakar diperkirakan sebesar 0,4 hektar dan 0,5 hektar, jauh dari pemukiman penduduk.

Saat ditemukan, lahan sudah tidak lagi terbakar, mengantisipasi kebakaran meluas, tim melakukan pengecekan kembali memastikan tidak ada api yang tersisa.

Agar Karhutla tidak terulang kembali diwilayah itu, Kapolsek Ipda Syamsu Rizal mengajak warga cegah karhutla bersama dan Ia juga sosialisasikan sanksi pidana bagi pelaku yang sengaja membakar hutan dan lahan.

Penulis : Suciono
Editor   :
Publish :