Menyikapi keadaan cuaca di daerah pesisir yang sering mengalami cuaca ekstrem dimana angin kencang dan ombak yang tinggi terjadi di perairan laut Bengkayang, personel Satpolairud Polres Bengkayang Polda Kalbar meningkatkan kegiatan pembinaan masyarakat (Binmas) perairan kepada Nahkoda kapal dan anak buah kapal (ABK), pada hari Senin (21/02/2022) sekira pkl 09.00 Wib di Dermaga penyeberangan Teluk Suak Bengkayang.

Satpolairud Polres Bengkayang, yaitu Bripka Rudiansyah mengatakan, kagiatan Binmas Perairan bertujuan untuk mengingatkan kepada Nahkoda kapal dan anak buah kapal (ABK) agar tidak memuat barang melebihi kapasitas muatan dan lebih waspada serta tetap berhati-hati terhadap perubahan kondisi cuaca saat ini yang tinggi disertai angin kencang,” jelas Rudi.

Selain itu, lanjut Rudi, kami berharap agar kru kapal lebih mengutamakan keselamatan dalam pelayaran dengan selalu memperhatikan kelengkapan diatas kapal, seperti alat keselamatan, alat navigasi maupun kelengkapan keselamatan lainnya,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut dirinya juga memberikan himbauan terkait penerapan protokol kesehatan Covid-19 di atas Kapal
agar senantiasa mematuhinya,” tambahnya.

Secata terpisah, Kasat Polairud Polres Bengkayang Ipda Ratnam saat juga menerangkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh personilnya sudah rutin dilakukan untuk mengantisipasi cuaca buruk saat akan berlayar dan mencegah tindak pidana perairan maupun pelanggaran dalam berlayar.

Kegiatan ini sudah rutin di laksanakan personelnya demi keselamatan pelayaran dan untuk mencegah terjadinya tindak pidana diperairan, pelanggaran dalam berlayar serta memastikan bahwa setiap kapal dalam keadaan laik laut sebelum berlayar,” terangnya.