polresbengkayang.com – Polsek Sungai Raya. 50 Desa di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkayang menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2019, kamis (19/12/19) pagi.

Salah satunya Desa sungai raya Kecamatan sungai raya kepulauan. Untuk menciptakan suasana yang kondusif, Polsek sungai raya akukan pengamanan bersama instansi terkait.

Kapolsek sungai raya IPTU SAMIDI mengatakan bahwa pergeseran personel pengamanan ini merupakan salah satu bentuk pelayanan terhadap masyarakat yang ingin menyampaikan hak hak politiknya.

“Sasaran utama pelayanan tersebut adalah pengamanan di TPS. Dinamika situasi pada tahapan pilkades setiap saat dapat berubah, maka Bhabinkamtibmas dan unit Intelkam maupun personel PAM TPS melakukan penggalangan,” ujarnya.

Penggalangan dan melekat yang dimaksud ialah kepada masing-masing calon kades. Sehingga,Bripka taufik meminta apabila terdapat potensi kerawanan sekecil apapun agar segera ditindak sesuai SOP. Lalu lapor secara berjenjang.

“salah satu desa sungai raya itu ada 11 TPS yang kita beri pengamanan. Sistem PAM dipolakan ada 5 personil yang ditempatkan di TPS ditambah satu anggota provos melaksanakan pengawasan ” tambah dia.

Personel yang ditunjuk sebagai PAM baik dari TNI maupun Polri diharapkan dia untuk menjaga netralitas pada pelaksanaan Pilkades. Selain itu setiap pergeseran logistik Pilkades agar personel selalu melekat melakukan pengawalan.

“Ini dilakukan guna mengantisipasi adanya potensi kerawanan. Semua kendali teknis penggunaan kekuatan maupun pergeseran pasukan ada dibawah kendali Kapolsek jajaran dan Kabag Ops, secara umum Kapolres,” tegasnya.