Untuk mencegah terjadinya Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Bengkayang Khususnya di kecamatan Ledo segala upaya telah dilakukan untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. Kamis, (22/07/2021).

Seperti yang kita ketahui memasuki bulan ini banyak warga masyarakat yang sudah bersiap untuk membuka ladang/bertani menanam padi, jagung dan lainnya dengan cara membakar hutan dan lahan.

Untuk itu, Kapolres Bengkayang NB. Darma melalui Kapolsek Ledo IPTU Asep Maulana mengatakan pihaknya akan melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi bencana tersebut salah satunya meminta peran aktif dari Bhabinkamtibmas. Karena berhubungan langsung dengan masyarakat, Bhabinkamtibmas diharapkan dapat mensosialisasikan kepada warganya terkait pencegahan dan penanggulangan karhutla.

“Peran bhabinkamtibmas sangat dibutuhkan dalam melakukan pembinaan terhadap masyarakat yang menjadi tanggung jawabnya untuk dapat meningkatkan partisipasi, kesadaran hukum dan ketaatan masyarakat terhadap pencegahan dan penanggulangan karhutla,” ungkapnya.

Dengan diadakan edukasi atau sosialisasi dari bhabinkamtibmas, masyarakat diharapkan bisa mengerti dampak dari karhutla serta ikut berpartisipasi bersama dengan pemerintah setempat untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, tutupnya.