Berbagai upaya dalam mengantisipasi pungutan liar (Pungli) terus dilakukan oleh Polda Kalbar Bersama seluruh jajaran Polres maupun Polsek, kegiatan antisipasi pungli dilakukan mulai dari kantor-kantor pemerintah khususnya yang bersentuhan dengan pelayanan publik, sekolah-sekolah, kantor kelurahan, kantor obyek vital, serta tempat parkir.

Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Siding Bripka Adang Sugiarto yang melaksanakan sosialisasi terkait satuan tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saberpungli) kepada warga Kecamatan Siding Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalbar, Kamis (07/10/2021).

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas berharap tidak ada pungutan-pungutan liar dan mengajak kepada warga masyarakat untuk selalu proaktif melaporkan jika ada pihak-pihak atau oknum yang melakukan pungli ke pihak Polri agar bisa diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Pungutan pungutan diluar ketentuan atau disebut dengan Pungli merupakan salah satu pelanggaran hukum, untuk itu diharapkan kepada warga dan pihak yang terkait lainnya untuk bersama-sama mencegah dan memberantas pungli,” tutur Bripka Adang.

“Pada pasal 286 ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) khususnya dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Guna untuk mencegah terjadinya pungli kami terus mensosialisasikan serta edukasi mengenai praktek pungli kepada warga masyarakat, khususnya masyarakat yang ada diwilayah Kabupaten Bengkayang, agar warga dapat mengetahui dan terhindar dari pungli,” harap Bhabinkamtibmas Bripka Adang.