polresbengkayang.com – Pantai Kura Kura terletak di Kabupaten Bengkayang berbatasan dengan kota Singkawang. Untuk mencapai lokasi wisata itu, dari Pontianak harus menempuh jalan sekitar 110 km selama kurang lebih 3,5 jam untuk sampai di Pantai Kura Kura Tanjung Gundul.

Pemandangan ke arah laut Natuna yang luas dan terlihat jelas beberapa pulau seperti pulau Kabung dan Pulau Penata serta Pulau Lemukutan. Saat malam tiba, tak ada cahaya listrik di pantai Kura Kura, hanya mengandalkan sinar bulan dan cahaya bintang dilangit.

Untuk berkunjung ke pantai Kura-Kura cukup merogoh uang Rp.10.000,- untuk setiap orangnnya khusus di hari libur dan tanggal merah yang merupakan hari besar dan untuk hari hari biasa tidak dipungut biaya masuk alias gratis.

Sampai saat ini pantai ini belum terkelola dengan maksimal yang mengelola tempat wisata ini masyarakat sekitar yang tergabung dalam kelompok masyarakat sadar wisata dengan jumlah anggota sekitar 30 orang sebagaimana yang di ungkapan oleh petugas pejaga tiket. menjelang Natal 2018 tahun Baru tahun 2019 yang berbarengan dengan libur kuliah dan liburan sekolah sehingga pantai ini banyak di kunjungi oleh wisatawan dengan alasan harga tiket masuk terjangkau.

Polres Bengkayang dalam rangka memberikan pelayanan kepada para pengunjung/ wisatawan pantai kura-kura didirikan pos pelayanan selama terhitung mulai tanggal 23 Desember 2018 sampai dengan tanggal 2 Januari 2019. Pos tersebut didirikan dalam rangka ops Lilin Kapuas 2018.

Kasat Polair AKP Apep Syamsul Hakim, Sip selaku Perwira Pengendali Pos Pelayanan menjelaskan berdirinya pos ini untuk memberikan rasa aman kepada seluruh pengunjung. Kasat Polair beserta anggotanya selalu mengingatkan melalui himbauan kepada para pengunjung yang sedang berenang di pantai supaya tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Dengan belum terkelolanya pantai kura kura yang indah tersebut dan kurangnya kesadaran para pengunjung sehingga banyaknya sampah yang menjadikan merusak pemandangan keindahan pantai. Pada satu kesempatan 24/12/2018 untuk mengisi kegiatan Pos Pelayanan Apep Syamsul Hakim, Sip selaku Kasat Polair yang sekaligus penjadi Perwira Pengendali Pos Pelayanan Pantai kura kura beserta anggotanya selain memberikan himbauan keselamatan juga mengajak pengujung untuk melaksanakan bersih bersih pantai.

Bersih bersih pantai dilaksanakan bersama sama para Mahasiswa Fkip Untan yang sedang melaksanakan kegiatan Madrasah Alam (Salam) di bawah naungan LDII At Tarbawi dengan koordinator Iwan dan Dedi selaku BEM Untan Pontianak, jumlah peserta 34 orang laki-laki dan 123 perempuan.